PT GBSM Gelar Pelatihan Karhutla Bersama Manggala Agni

  • Whatsapp
PT GBSM Gelar Pelatihan Karhutla Bersama Manggala Agni
PT GBSM bekerja sama dengan Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Manggala Agni Kalimantan (BPPIKHL) mengadakan pelatihan teknis pengelolaan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Training Center GBSM, di Seruyan, Kamis (23/7).

SERUYAN/tabengan.com – PT Gawi Bahandep Sawit Mekar (GBSM) bekerja sama dengan Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Manggala Agni Kalimantan (BPPIKHL) mengadakan pelatihan teknis pengelolaan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Training Center GBSM, di Seruyan, Kamis (23/7).

Kegiatan ini dilakukan sebagai persiapan dalam menghadapi musim kemarau yang dapat memicu bencana kebakaran. Pelatihan ini dilangsungkan pada tanggal 13-15 Juli 2020 dan diikuti oleh Tim Satuan Tugas Pengendalian Karhutla (Satgas Karhutla) GBSM yang telah terbentuk dan empat (4) Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) yang berada di area konsensi perusahaan, yaitu dari Desa Muara Dua, Desa Jahitan, Desa Telaga Pulang dan Desa Baung.

“Sesuai dengan komitmen kami dalam mendukung upaya pemerintah dalam mencegah terjadinya Karhutla di tengah pandemi, GBSM bersama KTPA akan berusaha semaksimal mungkin dalam upaya pencegahan agar tidak ada bencana kebakaran di konsensi kami,” ucap General Manager GBSM, Japatar Banjarnahor.

Perwakilan Regu Manggala Agni, S. Heri Budianto menjelaskan, pelatihan yang diberikan mencangkup teori dasar pencegahan dan pengendalian kebakaran hingga teknik dan strategi penanganan Karhutla. Selain itu juga terdapat praktek simulasi kebakaran. Kegiatan ini dilakukan agar Tim Satgas Karhutla dan KTPA dapat bekerja sama dengan baik pada saat kebakaran dan pasca kebakaran.

Perwakilan KTPA Desa Telaga Pulang, Sumadi menyampaikan rasa terima kasih atas pelatihan pencegahan Karhutla yang telah diberikan oleh GBSM. Sementara perwakilan KTPA dari Desa Muara Dua, Suhardi mengatakan pelatihan ini sangat berharga dan penting untuk menambah ilmu pengetahuan.

“Saya sangat bangga sekali dengan GBSM karena telah mengadakan pelatihan ini,” tuturnya.

Dalam mendukung upaya pencegahan Karhutla, GBSM telah melatih Tim Satgas Karhutla secara internal. Pelatihan internal ini dilakukan minimal dua kali dalam setahun. Ini penting karena keadaan darurat atau Karhutla dapat terjadi setiap saat, oleh karena itu, kita harus selalu siap untuk menangani situasi tersebut.

Selain itu, GBSM telah memiliki sistem peringatan dan deteksi dini akan bahaya Karhutla. Perusahaan juga telah memenuhi sarana dan prasarana untuk penanggulangan kebakaran sesuai dengan ketentuan pemerintah. fwa

Pos terkait