TP-PKK Sosialisasi Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
TP-PKK Sosialisasi Protokol Kesehatan
Ketua TP-PKK Mura Lynda Kristiane saat melakukan sosialisasi protokol kesehatan. JOKO SANTOSO
iklan atas

PURUK CAHU/tabengan.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Murung Raya Lynda Kristiane Perdie bersama anggota pokja melakukan aksi mensosialisasikan protokol kesehatan di masa era new normal di berbagai desa di seputar wilayah Kecamatan Murung.

Ditegaskan Lynda, memasuk tatanan hidup baru di masa pandemi Covid-19 bukan berarti berjalannya aktivitas seperti biasa mengabaikan protokol kesehatan.

Lynda juga menekankan kepada warga aturan aturan seperti dimaksudkan protokol kesehatan sebagai definisinya yaitu melakukan praktik menggunakan masker saat beraktivitas, mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, menjaga jarak dan menghindari kerumunan harus di jadikan budaya kehidupan sehari hari. Setelah terbentuknya pola seperti demikian diharapkan dapat menekan angka transmisi lokal.

“Protokol kesehatan seyogyanya bisa dijadikan gaya hidup dalam rangka memasuki era new normal. Kita bisa belajar dari negara Jepang yang disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, angka kasus Covid-19 cenderung minim dibandingkan negara lain,” kata Lynda Kristiane yang juga menjabat sebagai Kepala Disdalduk P3A Mura tersebut (Selasa 22/7)

Lebih lanjut Lynda mengatakan ini dalam melanjutkan paparannya menjelaskan bahwasannya Jepang dalam historisnya merupakan negara yang pernah mengalami kondisi buruk akibat tercemarnya lingkungan akibat pemboman sekutu dengan menggunakan nuklir di Hiroshima dan Nagasaki.

Beberapa dekade masyarakat Jepang kesehatannya terganggu akibat reaksi kimia yang ditimbulkan nuklir tersebut. Namun, hal baik dari periistiwa tersebut menjadi pelajaran bagi masyarakat dunia adalah warga Jepang cepat beradaptasi dengan situasi dan kondisi lingkungan yang buruk tersebut. Pihak Pemerintah Jepang dan warga negaranya bersepakat dengan mendisiplinkan diri menjalankan protokol kesehatan.

Dikaitkan dengan kebutuhan di Kabupaten Murung Raya, dihadapkan dengan kenyataan tingginya angka transmisi lokal serta melonjaknya warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, saatnya pihak pemkab dan warganya sepakat bersatu membudayakan diri dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Selaku elemen pendukung TP- PKK Mura diakui Lynda, semampunya mendukung penerapan protokol kesehatan di Mura salah satunya melewati sosialisasi dan edukasi yang dilakukannya bersama timya. Lynda berharap dengan aksi tersebut berangsur tumbuh kesadaran di masyarakat menjadikan protokol kesehatan sebuah gaya hidup baru.c-sjs

iklan atas

Pos terkait

iklan atas