DPRD Katingan Minta PT PSAM Hentikan Kegiatan

  • Whatsapp
DPRD Katingan Minta PT PSAM Hentikan Kegiatan
Rudi Hartono
iklan atas

KASONGAN/tabengan.com – PT Persada Sejahtera Agro Makmur (PSAM) yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan beroperasi di Desa Rantau Bangkiang, Kecamatan Sanaman Mantikei, Kabupaten Katingan, diminta menutup sementara kegiatannya. Sebab, beroperasi menggunakan izin dari lembaga lain dan tanpa koordinasi terlebih dahulu dengan Pemkab Katingan.

Hal tersebut disampaikan Rudi Hartono, Anggota DPRD Katingan kepada Tabengan, Senin (20/7). Dia pun heran dan mempertanyakan kok investor bisa operasional tanpa memiliki izin. Bagaimana mungkin investor sampai tidak memiliki izin operasi?

“Namun demikian, tidak menutup kemungkinan hal itu terjadi. Terjadinya demikian tentu ada sebabnya, salah satunya adalah ketidaktahuan ataupun kelalaian. Solusinya saat ini adalah mereka harus menghentikan sementara kegiatan untuk melengkapi perizinan yang dimaksud oleh pemerintah daerah,” kata Rudi.

Menurut Rudi, pihak pemerintah daerah yakni Dinas Penananam Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Katingan harus jelas permasalahannya. Siapa lembaga lain di tingkat provinsi yang mengeluarkan izin tersebut, harus diketahui apa dan siapa orangnya. Ini juga harus ditelusuri, diteliti, bahkan bila perlu diselidiki dan disidik.

Diketahui sebelumnya, Kepala Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Katingan Elmon Sianturi mengatakan, PT PSAM sudah operasional tanda ada koordinasi dengan pihak Kabupaten Katingan.

“Perizinan atas pabrik kelapa sawit CPO ini menjadi permasalahan karena tanpa ada koordinasi tentang izin, tahu-tahu sudah operasional tanpa ada izin dari pemerintah daerah, dengan alasan menggunakan izin yang diterbitkan oleh lembaga lain yang tidak memiliki kewenangan,” terang Elmon. c-sus

iklan atas

Pos terkait

iklan atas