Jago PDIP Kalteng Masih Misterius

  • Whatsapp
Jago PDIP Kalteng Masih Misterius
Sigit K Yunianto
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan sudah mengumumkan rekomendasi nama-nama kadernya yang diusung untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di sejumlah daerah, Jumat (17/7). Namun, untuk Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Kotawaringin Timur masih misterius.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Provinsi Kalteng Sigit K Yunianto menyatakan, sampai detik ini DPD tidak tahu kepada siapa rekom dari PDIP diberikan untuk Pilgub Kalteng. Kalau rekom itu sudah ada, dipastikan struktur partai di DPD yang dipanggil. Namun, hingga sekarang masih belum dipanggil, sehingga belum tahu siapa jago yang direkomendasikan.

“Jadi saya tidak ngerti entah ke siapa rekomnya karena kami belum dipanggil. Intinya itu. Apakah last minute nanti kita lihat bagaimana perkembangan selanjutnya,” kata Sigit menanggapi pengumuman DPP PDIP yang disiarkan secara live, kemarin.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya ini lalu menjelaskan mekanisme dalam penyerahan rekom partai. Kalau sudah ada rekomendasi, DPP pasti memanggil DPD untuk diserahkan rekom, setelah itu DPD akan menggelar Rakercabsus dan di situ akan diumumkan dan diserahkan rekomnya.

Menurut Sigit, jika ada bakal calon lain yang mengklaim sudah dapat rekom tidak apa-apa, itu bentuk sosialisasi. Siapapun calon yang mendaftar di PDIP, mau sosialisasikan diri kepada masyarakat, silakan. Mau ada posko dengan lambang PDIP dan foto Ketua DPD dan jajarannya silakan, tidak ada masalah.

Sementara itu, sebagai kader partai, Sigit mengaku siap apabila ditugaskan dalam Pilgub nanti, namun tidak ada kengototan, karena dasarnya kalau partai menugaskan mau tidak mau harus siap dan tegak lurus terhadap instruksi DPP.

Sigit membantah jika ada yang menyebut DPP ragu. Belum diumumkannya rekom partai untuk Pilgub Kalteng, menurutnya bukan ada keraguan untuk siapa amanah partai akan diberikan, tapi itu sebagai strategi untuk menganalisa dan mengkaji bagaimana ke depan mengambil keputusan yang tepat.

Hasil kajian sementara dari para calon yang daftar di DPD untuk Pilgub Kalteng, ada beberapa yang memenuhi kriteria dan sudah diserahkan ke DPP, selanjutnya mereka yang memutuskannya lagi karena semua keputusan ada di tangan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Jadi calon mana yang paling sering komunikasi dengan DPP kami tidak tahu. Kami hanya menyampaikan proses rekrutmen. Kami serahkan ke DPP, nanti di sanalah mereka yang menganalisanya. Kalau ada yang mengklaim sudah dapat, kami tidak tahu. Yang bilang ada calon yang sudah dapat ini, saya tidak mengerti juga,” imbuh Sigit. yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas