Hut Ke-63 Kota Palangka Raya, Ini Capaian Selama Kepemimpinan Fairid-Umi

  • Whatsapp
Hut Ke-63 Kota Palangka Raya, Ini Capaian Selama Kepemimpinan Fairid-Umi

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Tanggal 17 Juli merupakan hari lahirnya Kota Palangka Raya. Tepat 63 tahun silam, Ibu Kota Provinsi Kalteng ini berdiri. Kini, Kota Palangka Raya yang dipimpin oleh Wali Kota Fairid Naparin dan Wakil Wali Kota Hj Umi Mastikah periode 2018-2023 telah membawa sejumlah perubahan bagi kota yang kerap disebut Kota Cantik ini.

Dalam 2 tahun kepemimpinannya, Fairid dan Umi yang membawa visi untuk mewujudkan Kota Palangka Raya yang maju, rukun dan sejahtera untuk semua serta misi mewujudkan kemajuan dengan lingkungan cerdas, kerukunan dengan masyarakat cerdas serta kesejahteraan rakyat dengan ekonomi cerdas telah terwujud dalam sejumlah program unggulan dan capaian.

Pada bagian aspek capaian pembangunan, pertumbuhan ekonomi Kota Palangka Raya pada tahun 2019 dengan angka 7,17 persen mengalami kenaikan 0,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pencapaian tersebut melebihi pertumbuhan ekonomi Kalteng yang berada di angka 6,16 persen dan Indonesia yang berada di angka 5,02 persen.

Kemudian untuk pendapatan per kapita pada tahun 2018 dalam juta rupiah berada di angka 58,17 yang naik sebesar 6,52 dari tahun 2017. Lalu pada bagian tingkat pengangguran terbuka, pada 2019 berada di angka 5,78 persen, hal itu merupakan penurunan sebesar 0,03 persen dari tahun sebelumnya.

Lalu untuk indeks pembangunan manusia (IPM), pada 2019 lalu telah mencapai angka 80,77 yang melebihi IPM Provinsi Kalteng yang berada di angka 70,91 dan Indonesia sebesar 71,92 pada tahun yang sama.

Juga selama kepemimpinan Fairid dan Umi, terus dikejar peningkatan pelayanan publik yang tersebar pada 5 kecamatan serta 30 kelurahan dan pada seluruh badan serta instansi yang tergabung di dalam lingkungan Pemerintahan Kota Palangka Raya.

Dan, untuk bagian tema pembangunan yang selaras dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) setiap tahunnya tentu bervariasi. Pada 2019 dan 2020, pembangunan di Kota Cantik bertemakan pembangunan dan pembenahan infrastruktur untuk mewujudkan kemajuan kota dengan lingkungan cerdas (smart environment). Adapun untuk pembangunan infrastruktur berupa jalan kota yang dalam keadaan baik, pada tahun 2019 telah mencapai 57,19 kilometer. rgb

Pos terkait