Izin Dicabut, Apotek Manjur Tutup

  • Whatsapp
Izin Dicabut, Apotek Manjur Tutup
Petugas Dinas Kesehatan Palangka Raya saat melakukan pendataan dan mengamankan obat di Apotek Manjur. TABENGAN/FERRY WAHYUDI

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya melakukan penutupan terhadap Apotek Cahaya Firdaus (Manjur) di Jalan Darmasugondo, Kota Palangka Raya, Kamis (16/7) pagi.

Penutupan ditandai dengan diangkutnya seluruh obat-obatan oleh petugas yang dijaga ketat kepolisian dan Satpol PP. Satu per satu obat didata dan dimasukkan ke dalam kardus dan diangkut menggunakan mobil pikap.

Selain itu, petugas juga melepas papan nama apotek dan apoteker yang terpampang di bagian dinding toko.

Aksi penutupan Apotek Cahaya Firdaus mendapat penolakan dari Rahmadani Sembiring, pemilik apotek. Ia mengatakan, tidak tahu-menahu kasus apa yang menimpanya hingga berujung kepada penutupan apotek.

“Alasannya tidak tahu kenapa ditutup. Saya hanya tahu bermasalah dengan apoteker saja, yakni Ahmad Sofian Apriady,” ucapnya.

Dijelaskan, apoteker waktu itu sempat meminta gajinya. Namun, ketika hendak ditemui selalu menghindar, bahkan mengancam melalui pesan WhatsApp.

Lebih lanjut berdasarkan aturan, apoteker yang hendak berhenti harus mencarikan apoteker pengganti untuk bertugas. Hal itu juga menjadi kesepakatan bersama.

“Tapi karena itikad baik, saya mencari beberapa orang sebagai pengganti. Namun, apoteker yang ada susah ditemui, selalu saja menghindar,” terang Rahmadani.

Sebelumnya, apoteker ini melayangkan surat pengunduran diri dan ditolak oleh Dinkes Kota Palangka Raya karena dianggap tidak beralasan.

“Saya dipanggil ke Dinkes dan pihaknya membela saya. Apoteker tidak boleh, karena yang bersangkutan menjabat sebagai Kasi Apoteker Dinkes Kota,” urainya.

Sementara, Kadinkes Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo mengatakan, apotek tersebut ditutup karena surat izinnya dicabut oleh instansi yang memberikan izin apotek.

“Obatnya yang dibawa hanya untuk diamankan, nanti setelah mempunyai izin yang baru akan diserahkan kembali kepada pemilik,” katanya melalui pesan WhatsApp. fwa

Pos terkait