Lagi, Tim Gugus Temukan Sopir Bawa Surat Rapid Test Palsu

  • Whatsapp
Lagi, Tim Gugus Temukan Sopir Bawa Surat Rapid Test Palsu
Oknum pemalsu surat rapid test saat diamankan petugas Pos Lintas Batas Taruna Kelurahan Kalampangan, Rabu (15/7/2020) malam. ISTIMEWA
PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kembali Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya menemukan para sopir angkutan barang yang membawa rapid test palsu. Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya Alman Pakpahan kepada Tabengan mengatakan, penemuan surat rapid test palsu tersebut berawal saat tim gugus yang bertugas di Pos Lintas Batas Taruna Kelurahan Kalampangan melakukan pemeriksaan pukul 21.30 WIB.
Dijelaskan Alman, pihaknya menahan oknum sopir angkutan yang membawa alat elektronik dengan mobil truk bernomor plat B 9121 UDB dari perusahaan ekspedisi PT. Windu Jaya Utama, Banjarmasin.
Oknum pemalsu surat rapid tersebut, lanjutnya, mengakui pembuatan surat keterangan tanpa melewati test diberikan oleh perusahaan mereka. Dan pihaknya diakui Alman, juga telah menelusuri ke Laboratorium Klinik Panesa Banjarmasin yang mengeluarkan surat rapid test tersebut, tidak membenarkan mengeluarkan surat keterangan rapid test yang dibawa sang sopir dengan tanda tangan dokter penanggung jawab yang ternyata discan dan tidak asli.
“Peristiwa pemalsuan ini kasus yang ketiga kali. Mulai dari hari Sabtu dan Minggu kemarin telah diamankan sopir angkutan di Pos Libas Baringin Kelurahan Pahandut Seberang membawa surat keterangan rapid test palsu,” ujar Alman.
Ia melanjutkan, pihaknya telah melalukan segala upaya dalam menegakkan aturan yang tertuang dalam SK Wali Kota Nomor 188.45/266/2020 tentang pembatasan arus masuk orang yang datang dari luar Palangka Raya.
“Ini demi masyarakat Kota Palangka Raya. Apa jadinya bila sopir pemalsu surat Covid-19 ini ternyata positif Covid-19 dan menularkannya di sini. Berapa biaya yang harus dikeluarkan pemerintah untuk mengisolasi mereka yang terpapar, termasuk kerugian material dan inmatetial bagi Pemko. Kami yakin pasti ada indikasi sindikat pemalsu rapid test,” pungkasnya. rgb

Pos terkait