Kapolda Kalteng Pecinta Budaya Dayak

  • Whatsapp
Kapolda Kalteng Pecinta Budaya Dayak
Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo saat mengunjungi Museum Balanga Palangka Raya, Rabu (15/7). TABENGAN/DEDY

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Apresiasi diberikan kepada Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Dedi Prasetyo, atas perhatian dan dukungan serta penghormatan kepada adat dan budaya di Kalteng. Baru-baru ini melakukan peresmian Renovasi Balai Keramat Raja di Lokasi Wisata Budaya Adat Suku Dayak Kaharingan di Desa Tumbang Rungan, Kecamatan Pahandut, Palangka Raya.

Tidak sampai disitu,Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, melanjutkan safari budaya ke Museum Balanga Kalteng, Rabu (15/7). Menurut Kapolda, budaya merupakan warisan leluhur yang penting untuk dilestarikan. Kunjugan ke Museum Balanga ataupun peresmian yang dilakukan baru-baru ini sebagai bagian dari pembelajaran atas adat dan budaya yang ada di Kalteng.

“Saya mendapatkan informasi, di Kalteng memiliki berbagai jenis budaya yang bisa dilombakan. Saya ingin, even tersebut dilaksanakan setiap tahun oleh Polda Kalteng dengan mengundang seluruh utusan yang ada di Indonesia. Dari itu, sekarang dilakukan pembelajaran dan pengkajian seperti apa skema dan mekanisme lomba budaya ini, sehingga dapat dilaksanakan setiap tahun,” kata Dedi Prasetyo usai meninjau dan melihat koleksi Museum Balanga Kalteng.

Dedi mengatakan, even tingkat nasional itu menjadi penting untuk dapat dilaksanakan, demi memperkenalkan dan bertukar keistimewaan masing-masing budaya. Seperti festival budaya yang ada di Jember dan juga Banyuwangi, keinginan terbesar adalah festival atau even serupa dilaksanakan di Kalteng setiap tahun. Memasuki New Normal, Brigjen Pol Dedi, yang diperkirakan pada pertengahan Agustus 2020, festival menyambut hari kemerdekaan dengan skala nasional tentu masih belum dapat dilakukan.

Sementara ini, festival budaya yang akan coba digelar Polda Kalteng hanya akan mengundang perwakilan dari masing-masing kabupaten, atau mencoba dari masing-masing kecamatan di Palangka Raya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Guntur Talajan menyampaikan, kehadiran langsung Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo ke Museum Balanga Kalteng tentunya sebuah kehormatan. Hadirnya kepolisian di Museum Balanga Kalteng menjadi wujud terciptanya keamanan di lokasi wisata.

“Polisi merupakan lembaga yang memiliki kewenangan dalam penegakan dan penindakan kejahatan, sehingga tercipta keamanan. Keamanan merupakan yang paling utama dalam membuat wisatawan tertarik untuk datang, dan berwisata ke Kalteng. Hadirnya langsung Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo ke Museum Balanga Kalteng merupakan wujud menciptakan keamanan itu,” kata Guntur.

Berkenaan dengan dukungan kepolisian jelang New Normal, lanjut Guntur, tentunya setiap daerah dapat menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan edaran Kemenpareraf yang mengacu pada edaran Kemenkes dalam membuka lokasi wisata, yang intinya bertahap. Bagi wilayah yang sudah dikategorikan zona hijau, tentu dapat membuka wisata dengan mengacu pada edaran tersebut.

Sementara, ungkap Guntur, wilayah yang masih dalam kategori zona kuning, terlebih zona merah, secara bertahap untuk dapat membuka. Diwilayah zona kuning dan merah, kecamatan atau kelurahan/desa wisata mana yang masuk dalam zona hijau, dapat membuka areal wisatanya yang berpedoman pada protokol kesehatan. ded

Pos terkait