Perdie Ingatkan Warga Waspada Peralihan Musim

  • Whatsapp
Perdie Ingatkan Warga Waspada Peralihan Musim
Bupati Mura Perdie M Yoseph didampingi Wabup Rejikinoor dan ketua DPRD Doni saat memberikan keterangan kepada wartawan. JOKO SANTOSO
iklan atas

PURUK CAHU/tabengan.com – Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph ingatkan warganya akan potensi bencana lain yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrim.

Mengacu kepada laporan yang telah disampaikan oleh Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mura Kariadi, Perdie menerangkan bahwa di penghujung bulan Mei – Juli diperkirakan akan disertai cuaca ekstrim akibat peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau.

Perdie menjelaskan berkenaan dengan peralihan musim menurut pantauan BPBD Mura biasanya curah hujan cukup tinggi, sehingga bagi warga yang bermukim di bantaran sungai seperti di DAS Barito sering mengalami banjir.

Perdie juga menunjukan contoh musibah banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Laung Tuhup belum lama tadi. Kendati DAS Barito debit airnya tidak mengalami kenaikan yang signifikan, namun karena di wilayah Kecamatan Laung Tuhup curah hujan tinggi sehingga menyebabkan DAS Laung meluap.

“ Kami minta aparatur desa beserta warganya khsusunya yang bermukim di bantaran bantaran sungai agar waspada. Menurut laporan dari BPBD potensi cuaca ekstrim pada peralihan musim akan terjadi cukup ekstirim. Sehingga kalau tidak waspada kejadian di desa Maruwei dan sekitarnya yang warganya tidak sempat menyelamatkan hartanya akhirnya harus pasrah seluruh asetnya terndam banjir,” ungkap Perdie, Minggu (13/7).

Lebih lanjut Perdie mengatakan kendati banjir yang kerap terjadi di Mura tidak berlangsung lama. Namun, banjir sering terjadi secara mendadak sehingga warga tidak memprediksi banjir akan berakibat parah bagi harta benda yang warga miliki.

Selain mengingatkan warganya akan potensi banjir, Perdie juga menegaskan agar semua pihak waspada denga potensi wabah lain seperti demam berdarah dan muntaber. Kepada instansi yang menangani leading sector tersebut bupati minta agar mempersiapkan segala sesuatunya. Dengan demikian ketika segala sesuatunya telah dipersiapkan, maka diharapkan warga tidak sampai menderita akibat bencana atau wabah tersebut.c-sjs

iklan atas

Pos terkait

iklan atas