Hujan Intensitas Tinggi Kembali Mengancam Lamandau

  • Whatsapp
Hujan Intensitas Tinggi Kembali Mengancam Lamandau
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palangka Raya memberikan peringatan kepada seluruh wilayah yang ada di Kalimantan Tengah (Kalteng). Prakirawan On Duty BMKG Palangka Raya Lian Adriani menjelaskan, sekarang ini Kalteng masih belum benar-benar secara keseluruhan masuk dalam musim kemarau.

Keadaan yang terjadi sekarang ini, kata Lian, masih dalam masa peralihan di mana kemungkinan potensi hujan dengan intensitas tinggi atau hujan lebat masih terjadi, dan disertai dengan angin kencang. Sebagai contoh, Kabupaten Lamandau yang sekarang ini terjadi banjir, agar waspada potensi hujan dengan intensitas tinggi masih sangat besar terjadi.

“Berdasarkan hasil prakiraan dari BMKG, di Kabupaten Lamandau hampir semua wilayah atau kecamatan masih berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas tinggi. Hujan terjadi pada pagi hari sampai dengan malam hari. Memang ada pula kondisi cuaca yang berawan. Inilah mengapa dikatakan masih dalam masa peralihan,” kata Lian di Palangka Raya, Selasa (14/7).

Lian melanjutkan, dampak yang harus diperhatikan dan diwaspadai adalah peningkatan curah hujan ke depan yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, longsor, angin kencang, serta hujan disertai kilat/petir, seperti yang terjadi di Kabupaten Lamandau. Ini menjadi catatan dan peringatan kepada masyarakat untuk dapat waspada atas kondisi peralihan ini.

Memang sekarang ini ada beberapa daerah yang sudah masuk dalam musim kemarau. Namun, potensi terjadinya hujan dari intensitas sedang sampai tinggi masih sering terjadi. Hujan juga disertai dengan angin kencang, dan petir sehingga sangat berbahaya. Tidak semua daerah yang mengalami ini, ada beberapa daerah saja yang mendapatkan peringatan.

Di Lamandau, ungkap Lian, potensi hujan yang terjadi dengan kelembapan udara antara 70-100 persen, dengan suhu udara antara 24-32 derajat celcius.ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas