Kapolda Resmikan Lab PCR RS Bhayangkara

  • Whatsapp
Kapolda Resmikan Lab PCR RS Bhayangkara
Kapolda Kalteng bersama rekan satu angkatan Akpol berfoto bersama usai peresmian. TABENGAN/FERRY WAHYUDI

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Dedi Prasetyo meresmikan Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) di Rumah Sakit Tk III Bhayangkara Polda Kalteng, Selasa (14/7) pagi. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti, dilanjutkan pemotongan pita meninjau langsung Lab PCR.

Peresmian Lab PCR yang diberi nama Dhira Brata (Setia pada Janji dan Sumpah) sebagai Batalyon angkatan 1990 Akpol tersebut turut dihadiri rekan seangkatan Kapolda Kalteng, seperti Kabinda Brigjen Pol Urip dan Kepala BNNP Kalteng Brigjen Pol Edy Swasono.

Turut hadir pula Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Kadinkes Kalteng Suyuti Syamsul dan pejabat utama Polda Kalteng. Lab PCR RS Bhayangkara Polda Kalteng menjadi pelopor RS sejenis di luar Pulau Jawa.

“Keberadaan Lab PCR tidak lepas dari kerja sama dengan pihak ketiga yang memiliki kepedulian yang sama terhadap pandemi Covid-19,” kata Kapolda dalam sambutannya.

Disebutkan, Lab PCR RS Bhayangkara akan difungsikan secepat mungkin dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Semakin banyak Lab PCR yang tersedia, maka penanganan Covid-19 harus agresif. Kondisi pandemi Covid-19 sudah masuk pada posisi extraordinary.

“Kami berharap sinergi dan kolaborasi dengan masyarakat bekerja keras memutus pandemi. Masalah ini tidak bisa diselesaikan dengan satu fungsi, namun semua komponen,” katanya.

Menurut hasil evaluasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Kalteng masih memiliki tingkat tren terhadap risiko kematian pasien terpapar Covid-19 cukup tinggi. Tren perkembangan di beberapa kabupaten juga kecenderungan meningkat.

“Optimis dokter di Kalteng bekerja luar biasa sebagai garda terdepan. Tren kesembuhan juga meningkat,” jelasnya.

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri memberikan apresiasi atas berdirinya Lab PCR RS Bhayangkara. Semakin banyak Lab PCR yang tersebar di Kalteng akan mempercepat pengujian sampel warga yang terduga terpapar Covid-19.

“Jumlah Lab PCR di Kalteng berada tiga unit di RSUD Doris Sylvanus, satu di RSUD Kota Palangka Raya, Kotawaringin Barat, kemudian nantinya bantuan dari presiden akan dikirim ke Barito Utara. RS Bhayangkara menjadi yang ketujuh,” ungkapnya.

Mengenai stok reagen sebagai pereaksi kimia PCR, Pemprov Kalteng akan mengorder jauh hari menghitung secara detail kebutuhan berapa lama. Terkait masih meningkatnya angka Covid-19 di Kalteng, Pemprov akan melakukan tracing secara agresif. Berkenaan dengan itu, jika ada kasus akan segera ditelusuri dan dilokalisir.

“Tidak akan ada lagi isolasi mandiri. Pemda harus menyiapkan isolasi, karena kita tidak tahu tingkat kedisiplinan masyarakat saat menjalani isolasi mandiri,” tegasnya. fwa

Pos terkait