Terdampak Banjir, Ratusan Warga Kelurahan Nanga Bulik Mengungsi

  • Whatsapp
Terdampak Banjir, Ratusan Warga Kelurahan Nanga Bulik Mengungsi
Sejumlah warga kelurahan Nanga Bulik mengungsi di gedung Serba Guna Sembaga Mas karena rumahnya terendam banjir, Senin (13/7/2020). KARAMOI

NANGA BULIK/tabengan.com – Sejak tiga hari terakhir, debit air Sungai Lamandau terus mengalami kenaikan. Bahkan kini telah meluap hingga menggenangi perumahan warga di wilayah Kecamatan Bulik.

Akibatnya, ratusan warga Kelurahan Nanga Bulik terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Diketahui, untuk wilayah Kecamatan Bulik, pemerintah telah menyiapkan beberapa gedung untuk dijadikan pos penampungan bagi warga terdampak banjir.

“Hingga Senin (13/7/2030) malam ini, tercatat sudah ada 137 jiwa dari 42 Kepala Keluarga (KK) warga kita yang masuk ke pos penampungan,” ungkap Lurah Nanga Bulik, Tania Pingkan.

Dirinya menyebut, selain warga dari lingkungan RT 01, sebagian besar warga yang mengungsi ke pos penampungan adalah warga dari lingkungan RT 04 C.

“Ke-42 Kepala Keluarga tersebut menempati beberapa pos penampungan. Di gedung Serba Guna Sembaga Mas, ada sebanyak 94 jiwa dari 30 KK. Kemudian, Rumah Singgah Dinsos sebanyak 6 jiwa dari 2 KK, Tribun Kartawana 13 jiwa dari 2 KK dan tenda Samaliba/belakang CU sebanyak 24 jiwa 8 KK,” ujarnya.

Untuk perlengkapan seperti halnya selimut dan tilam, lebih jauh dikatakan dia, saat ini di setiap pos penampungan sudah disiapkan. Begitu pula untuk kebutuhan pangan selama berada di pengungsian, sudah disiapkan dapur umum.

Melihat potensi debit air yang kemungkinan masih terus bertambah, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang berada di bantaran sungai agar lebih waspada.

“Apabila memerlukan untuk dilakukan evakuasi, diharapkan dapat segera melapor, baik ke pihak kelurahan ataupun ke BPBD Lamandau. Sehingga cepat pula diambil tindakan,” tukasnya. c-kar

Pos terkait