Warga Diminta Produktif di Masa Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Warga Diminta Produktif di Masa Pandemi Covid-19
Bupati Mura Perdie M Yoseph sedang memberikan arahan kepada warga Puruk Cahu sebelum membuka resmi pasar mura, beberapa waktu lalu. JOKO SANTOSO

PURUK CAHU/tabengan.com – Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph minta warga agar mampu memanfaatkan lahan dan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan sandang pangan. Dengan kreatif dan bijak memanfaatkan lahan dan pekarangan diharapkan warga akan lebih hemat dari sisi pengeluaran sehingga dengan demikian pengeluaran yang digunakan untuk membeli kebutuhan dapur lebih diefisienkan lagi dan bisa dipergunakan untuk kebutuhan lainnya yang lebih prioritas.

Perdie menyebutkan, berdasarkan pengamatannya masyarakat di Mura rata-rata banyak memiliki lahan pekarangan yang tidak optimalkan untuk menanam sayur dan buah, sehingga pola konsumtif lebih dominan dibandingkan tingkat kesadaran untuk memanfaatkan lahan dan pekarangan yang kosong.

Dimasa pandemi Covid-19, kemandirian sandang pangan menurut bupati sangat membantu kondisi warga ketika tidak malas. Dengan rajin bercocok tanam paradigma tentang menggantungkan hidup kepada sumber daya alam perlahan akan bergeser kepada pola hidup kreatif.

“Sekarang masih musim hujan dan tidak lama lagi akan memasuki musim kemarau. Biasanya jelang musim kemarau baik untuk bercocok tanam. Oleh sebab itu kami mengimbau kepada warga bisa bila memiliki lahan dan pekarangan yang cukup untuk berkebun, manfaatkan untuk menaman sayuran dan buah buahan untuk kebutuhan keluarga dan akan lebih baik lagi hasilnya bisa dijual,” imbau Perdie saat memberikan arahan saat pasar murah beberapa waktu lalu.

Kendati bupati memberikan imbauan kepada warga untuk berdikari bercocok tanam. Dirinya juga minta dilakukan secara bijak karena pemanfaatan lahan dengan membakar tanpa mengikuti mekanisme dan regulasi sesuai arahan Pemkab melalui dinas/instansi akan menimbulkan permasalahan.

Oleh sebab itulah Perdie menegaskan boleh berladang tetapi harus bijak dan mengikuti petunjuk dan prosedur yang benar.c-sjs

Pos terkait