Plaza Beringin Buntok Terbakar, 30 Kios Milik Pemkab dan Pedagang Hangus

  • Whatsapp
Plaza Beringin Buntok Terbakar, 30 Kios Milik Pemkab dan Pedagang Hangus
Sejumlah petugas damkar berupaya padamkan api yang menghanguskan kios di kawasan plaza Beringin Buntok, Minggu (12/7).

BUNTOK/tabengan.com – Kebakaran hebat terjadi di Plaza Beringin Buntok, Minggu (12/7) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Sebanyak 30 toko terdiri dari 24 kios milik Pemerintah Kabupaten Barito Selatan dan 6 kios milik pedagang yang menempel di kios Pemkab Barsel hangus terbakar.

Api yang berkobar hampir 1 jam tersebut, telah menghanguskan warung minum, dagangan tikar, karpet, sembako, bengkel, bahkan tempat cukur rambut di Plaza Beringin Buntok.

Mendapat laporan warga terjadi kebakaran di kawasan Plaza Beringin Buntok, 9 unit pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Barsel diturunkan untuk memadamkan api. Petugas berusaha keras menjinakkan api agar tidak meluas.

Setelah berusaha maksimal selama kurang lebih 1 jam, petugas Damkar dibantu pemadam milik Plaza Beringin Buntok, akhirnya berhasil menguasai api, sehingga tidak meluas ke Kantor BRI dan rumah penduduk.

Salah satu pedagang yang kiosnya terbakar menceritakan, informasinya api berasal dari di kios paling ujung sebelah barat yang berjualan. Setelah beberapa menit, api tersebut menjalar lalu membakar seluruh kios pedagang yang berjumlah 30 kios.

“Waktu kejadian, kami masih di rumah, jadi tidak tahu kalau ada kebakaran, sehingga tidak satu pun barang yang bisa diselamatkan. Bahkan, barang-barang yang ada dalam kios tersebut semuanya masih kredit atau belum lunas,” katanya, sembari minta namanya tidak disebutkan.

Ketua Kerukunan Plaza Beringin Buntok Nasrullah mengungkapkan, total kios pedagang yang terbakar sebanyak 30 buah, tetapi ada 24 kios Pemkab Barsel dan ada sekitar 6 kios yang menempel di kios Pemkab Barsel itu.

“30 kios itu berjualan, antara lain pedagang menjual tikar purun, bengkel motor, tukang pangkas rambut, jual sembako dan lainnya,” terangnya.

Terpisah, Kabid Damkar Barsel Fiat Djon menjelaskan, pihaknya menerima laporan dari warga sekitar pukul 03.05 WIB, setelah itu 9 unit Damkar langsung diturunkan untuk memadamkan api. Setelah berhasil dipadamkan, 1 jam kemudian petugas Damkar melakukan pendingingan agar tidak ada satu pun titik api lagi. c-dan

Pos terkait