Pasien Positif Covid-19 Pulpis Meninggal

  • Whatsapp
Pasien Positif Covid-19 Pulpis Meninggal
dr. Muliyanto Budihardjo

PULANG PISAU/tabengan.com – Berturut-turut di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) berjuluk Bumi Handep Hapakat menambah daftar pasien terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hingga kini masih didominasi di wilayah perkotaan Kecamatan Kahayan Hilir.

Bahkan, tercatat kini pasien Covid-19 yang baru saja masuk pada hari Jumat 10 Juli 2020 itu, dalam kondisi memburuk, dan pada malam harinya pasien tersebut meninggal dunia.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Pulpis H. Edy Pratowo melalui Juru Bicara (Jubir) GTPP Covid-19 Pulpis, dr Muliyanto Budihardjo membenarkan meninggalnya pasien covid-19 tersebut.

“Pasien tersebut dirawat dengan keluahan batuk, filek, sesak nafas dan demam, sehingga Tim GTPP langsung menjemput di kedimannya di Kelurahan Bereng, Kecamatan Kahayan Hilir dan segera memberikan penanganan di RSUD Pulpis. Pada malam hari kondisi pasien memburuk, dan meninggal dunia,” beber dr. Muliyanto.

Dengan berpulangnya satu pasien ini, lanjut dr. Muliyanto, maka tercatat pasien positif yang di Pulpis yang meninggal dunia menjadi 2 orang. Kedua pasien meninggal ini dimakamkan sesuai dengan protokol Covid-19. Mirisnya, tambah dr. Muliyanto, pada hari ini, Minggu (12/7/2020) terkonfirmasi, istri dari pasien meninggal tersebut dinyatakan positif Covid-19, dan kini telah dirujuk ke RSUD Pulpis.

“Betul, istrinya juga positif Covid-19, dan sekarang kita telah mengkarantina orang dekat pasien ini, dan kita juga saat ini masih melakukan penelusuran lebih lanjut,” terangnya.

Sebelumnya, warga asal Desa Bukit Rawi, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau, juga terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien positif tersebut juga merupakan keluarga dekat yang sebelumnya dinyatakan positif dan sudah dinyatakan sembuh.

“Dia sudah lama dikarantina mandiri, setelah hasil swabnya keluar, ternyata juga positif, mungkin tertular dari ayahnya,” kata dr. Muliyanto menjelaskan.

Dengan demikian jumlah total pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau secara komulatif menjadi 23 orang, dengan rincian 15 orang sembuh, 2 meninggal dunia, dan 6 orang dalam perawatan. Sebanyak 5 orang dirawat di RSUD Pulang Pisau, 1 dirawat di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

Selain penambahan kasus positif, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 5 orang, orang dalam pemantauan (ODP) 3 orang, dan orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 59 orang. c-mye

Pos terkait