Nasabah Gadai Emas Naik 20 Persen

  • Whatsapp
Nasabah Gadai Emas Naik 20 Persen
Kantor Unit Pegadaian Jalan RTA Milono, Palangka Raya, Kamis (9/7). TABENGAN/DANIEL
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Di tengah pandemi Covid-19 yang belum ada tanda-tanda kapan akan berakhir, jumlah nasabah di Kantor Pegadaian justru meningkat 20 persen.

Menurut Evi Asfirah, Penaksir Kantor Unit Pegadaian di Jalan RTA Milono, Palangka Raya, naiknya jumlah nasabah pegadaian sebanyak 20 persen disebabkan harga emas juga ikut naik.

“Gadai perhiasan saat ini naik sekitar 20 persen. Karena harga emas juga naik,” kata Evi kepada Tabengan, Kamis (9/7).

Sementara di lain pihak, kata Evi, produk kreasi yang melayani penyaluran jaminan BPKB segmentasi untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) malah berkurang.

“Berkurang karena dari pusat instruksikan persyaratannya diperketat. Dulu jaminan dengan BPKB atas nama orang lain bisa dapat pinjaman, tetapi sekarang tidak bisa, yang ingin meminjam dengan BPKP harus nama sendiri,” jelasnya.

Evi mengatakan, investasi emas tidak naik, meskipun terjadi wabah Covid-19. Nasabah menengah ke bawah saat ini tidak berminat, namun menengah ke atas masih ada sejumlah nasabah yang melakukan investasi.

Evi juga memprediksi, ke depan kalau harga emas naik, maka kecenderungannya adalah akan meningkat pula jumlah nasabah yang mengajukan pinjaman. dsn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas