Banyak Masyarakat Hindari Rapid Test di Jalan Kalimantan

  • Whatsapp
Banyak Masyarakat Hindari Rapid Test di Jalan Kalimantan
Para petugas medis saat melaksanakan rapid test di Jalan Kalimantan, Palangka Raya, Jumat (10/7). TABENGAN/YULIANUS

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya kembali melaksanakan rapid rest massal di kawasan perumahan masyarakat di Jalan Kalimantan, Jumat (10/7).

Namun, kegiatan ini tidak mulus karena masih banyak masyarakat yang menghindari tes cepat dengan berbagai alasan.

Ketua Harian Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani kepada awak media mengatakan jika pihaknya menargetkan sekitar kurang lebih 400 orang untuk bisa mengikuti rapid test massal kali ini.

Dan dari target 400 orang tersebut, pihaknya berupaya setidaknya bisa merealisasikan separohnya atau 200 orang. Untuk itu, para petugas kesehatan, tim sosialisasi dan ketua RT/RW pun langsung turun melakukan jemput bola ke rumah-rumah warga untuk mengajak secara persuasif agar bisa berpartisipasi dalam rapid test massal ataupun melakukan rapid test dirumah warga.

“Hingga pukul 11.00 WIB siang ini, ada sekitar kurang lebih 100 orang yang telah mengikuti rapid test dan semoga semakin banyak warga yang mau mengikuti rapid test,” ucapnya, Jumat (10/7).

Diakui Emi jika dalam pelaksanaan rapid test kali ini di Jalan Kalimantan memang masih ada sejumlah masyarakat yang menghindar bahkan menolak mengikuti rapid test. Hal ini diungkapkannya karena adanya rasa takut yang cukup tinggi dari masyarakat apabila dalam keadaan reaktif harus diisolasi mandiri dan tak bisa berkerja, sehingga berujung pada penolakan.

“Namun kami tak menyerah begitu saja. Bersama petugas kelurahan, RT/RW setempat dan tokoh maayarakat berencana kembali melakukan pendekatan secara persuasif, sosialisasi, edukasi dan pemahaman kepada warga tentang kegunaan rapid test.

Menurutnya rata-rata alasan masyarakat di sini tidak mau mengikuti rapid test memiliki alasan bahwa yang bersangkutan merasa dirinya sehat dan bugar sehingga tidak perlu mengikuti kegiatan tersebut,” bebernya. rgb

Pos terkait