Kunker Komisi I, Dewan Tinjau Kecamatan dan Bank Kalteng

  • Whatsapp
Kunker Komisi I, Dewan Tinjau Kecamatan dan Bank Kalteng
Wakil Ketua DPRD Kalteng Faridawaty Darland Atjeh bersama dengan Komisi I DPRD Kalteng melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Katingan Tengah dan Cabang Pembantu Bank Kalteng Kabupaten Katingan, melihat pelayanan administrasi penduduk dan penyaluran bansos di Kabupaten Katingan.

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pandemi Corona atau Covid-19 membuat sejumlah kegiatan dan aktivitas terpaksa ditunda demi mencegah penyebaran, termasuk kegiatan DPRD Kalteng seperti reses ataupun kunjungan. Namun, pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan baru yakni New Normal, di mana semua aktivitas dapat dijalankan dengan mengacu pada protokol kesehatan.

Berpegangan pada kebijakan tersebut, DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) menyerap aspirasi masyarakat, dan meninjau pembangunan yang ada di wilayah Kalteng. Wakil Ketua DPRD Kalteng Faridawaty Darland Atjeh, bersama dengan Komisi I DPRD Kalteng mengunjungi kantor kecamatan dan Cabang Bank Kalteng yang ada di Kabupaten Katingan.

Srikandi Partai NasDem ini menyampaikan, ada beberapa hal yang diperoleh dari hasi kunjungan kerja yang dilakukan ke Kabupaten Katingan. Misalnya di Kantor Kecamatan Katingan Tengah, hasil yang didapatkan berupa pelayanan administrasi penduduk yang dikenal dengan sebutan PATEN atau Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan.

“Kunjungan yang dilakukan untuk melihat sampai sejauh mana pelayanan yang dilakukan, menyusul ditetapkannya status Kecamatan Katingan Tengah sebagai zona hijau, meskipun sebelumnya ada 3 pasien yang dinyatakan positif. Pelayanan yang diberikan meskipun ditengah pandemi diharapkan dapat berjalan maksimal, dengan mengacu pada protokol kesehatan,” kata Faridawaty, saat menyampaikan hasil Kunker Wakil Ketua DPRD Kalteng bersama dengan Komisi I DPRD Kalteng ke Kabupaten Katingan, Kamis (9/7/2020), di Palangka Raya.

Administrasi penduduk, lanjut Faridawaty, merupakan kebutuhan dasar yang wajib diperoleh masyarakat, sehingga berbagai haknya dapat terpenuhi. Hal lain yang juga didapatkan adalah, pihak kecamatan tidak lagi melayani perekaman untuk pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), semuanya sudah dikembalikan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Lokasi kedua yang dikunjungi, kata Ketua DPW Partai NasDem Kalteng ini, adalah Cabang Pembantu Bank Kalteng Kabupaten Katingan Katingan. Prinsip kerja baik itu kantor Kecamatan Katingan Tengah dan Cabang Pembantu Bank Kalteng Kabupaten Katingan sudah berfungsi dengan normal, dengan mengacu pada protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Faridawaty mengungkapkan, sekarang ini tidak ada pilihan bagi kita semua selain beradaptasi ditengah penyebaran pandemi Covid-19. Aktivitas perekonomian dan yang lainnya harus terus berjalan, seiring dengan kondisi pandemi Covid-19 ini. Namun, semua itu dapat diatasi apabila masyarakat disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.ded

Pos terkait