Secara Door to Door, Pemdes Katanjung Salurkan BLT-DD Tahap II

  • Whatsapp
Secara Door to Door, Pemdes Katanjung Salurkan BLT-DD Tahap II

KUALA KAPUAS/tabengan.com – Setelah sebelumnya juga sudah menyalurkan bantuan sosial yang bersumber dari Dana Desa dengan besaran Rp600.000 untuk 32 kepala keluarga (KK) yang masuk dalam kriteria masyarakat tidak mampu dan perlu mendapatkan bantuan akibat imbas dari mewabahnya Corona Virus Disease (Covid-19), Jumat (10/7/2020), Pemerintahan Desa Katanjung, Kecamatan Kapuas Hulu kembali salurkan dana yang sama kepada warganya untuk tahap kedua.

Bariono Mardiani Alung, Kepala Desa Katanjung, saat dibincangi usai melakukan pelaporan kegiatan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, mengatakan, dalam penyaluran BLT-DD ini pihaknya menerapkan sistem langsung secara door to door agar dapat diterima utuh.

Kenapa tidak mempergunakan rekening tabungan, sebab untuk lokasi desanya sangat jauh dari ibu kota kecamatan. Apabila warga penerima dibukakan rekening bank, sudah barang tentu penerimanya tidak full akibat terpotong transportasi.

Sekadar diketahui, untuk biaya dari desa ke kecamatan setidaknya menghabiskan Rp200.000. berdasarkan itulah pihaknya dalam penyaluran dilakukan secara langsung saja.

“Sebenarnya arahannya warga penerima harus dibukakan rekening, dari hasil berkoordinasi kita berikut alasannya dengan DPMD dan camat untuk penyaluran kita dapat pengecualian mengingat jarak tempuh dari desa ke bank terdekat itu akan mengurangi bantuan yang diterima,” kata Kades.

Lebih lanjut disebutkan, warga penerima BLT-DD di tempatnya hanya ada 32 KK, dan saat ini pihaknya juga sudah mulai mengajukan pencairan dana untuk penyaluran tahap III. Diharapkan bantuan ini dapat membantu warga yang kurang mampu dan uangnya menjadi manfaat bagi mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi ini. c-yul

Pos terkait