Program Kartu Prakerja Dihentikan Sementara

  • Whatsapp
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com – Pemerintah Pusat menghentikan sementara pelaksanaan Program Kartu Prakerja gelombang IV. Informasinya, dihentikannya program prakerja sampai rampungnya revisi Peraturan Presiden (Perpres) No 36/2020 yang menjadi payung hukumnya.

Langkah itu merupakan sikap pemerintah pusat terhadap surat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Kemenko Perekonomian pada 2 Juni lalu yang meminta program itu dihentikan sementara untuk evaluasi dan pembenahan terhadap tiga gelombang yang sudah berjalan.

Meski demikian, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memastikan masyarakat yang sudah mendaftar dalam program tersebut tidak perlu khawatir. Sebab, masyarakat yang telah terdaftar dan diterima sebagai peserta Kartu Prakerja di gelombang sebelumnya masih bisa mengakses dan dapat mencairkan insentif apabila sudah menyelesaikan programnya.

“Jika mau mendaftar sekarang sudah tidak bisa, sedangkan untuk mereka yang sudah jalan tetap di proses. Mereka yang sudah ada jadwal pelatihan baik yang online maupun offline tetap jalan, begitu pula yang sudah membuka rekening,” ujar Plt Kepala Disnakertrans Kotim Imam Subekti, Kamis (9/7/2020).

Menurut Imam, pihaknya mengikuti arah kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat. Jika memang dihentikan maka pihaknya akan menunggu seperti apa nanti kelanjutan program tersebut. Sejauh ini pantauannya sejak awal Juli sudah tidak ada masyarakat yang mendaftar untuk mengikuti program pelatihan paket kartu prakerja tersebut.

“Kami mengikuti saja, untuk yang akan datang akan di evaluasi, tinggal tunggu regulasinya lagi, mungkin karena sistem baru masih ada penyempurnaan,” jelasnya.

Sebelumnya masyarakat yang mengikuti program kartu prakerja akan mendapat insentif bantuan pelatihan dengan total Rp3. 550.000. Terdiri dari biaya bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif penuntasan pelatihan Rp600.000 per bulan selama 4 bulan, serta insentif pasca-pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 yang akan diberikan sebanyak 3 kali sehingga bernilai total Rp150.000.

Insentif itu akan ditransfer secara bertahap selama 3 hingga 4 bulan melalui rekening peserta dalam program Kartu Prakerja. Bantuan tersebut hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta. c-may

iklan atas

Pos terkait

iklan atas