Heboh! Verfak Banyak KTP Warga Dicatut

  • Whatsapp
Heboh! Verfak Banyak KTP Warga Dicatut
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com – Di media sosial heboh banyak warga Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang mengaku Kartu Tanda Penduduk (KTP)-nya dicatut sebagai bukti dukungan untuk calon perseorangan yang akan mengikuti pelaksanaan Pilkada 9 Desember mendatang.

Seperti yang diungkapkan Samsudin, warga Kecamatan MB Ketapang. Ia mengaku heran mengapa tiba-tiba didatangi oleh petugas dari KPU Kotim yang memverifikasi apakah benar dirinya memberikan dukungan kepada salah satu calon perseorangan.

“Saya bingung, padahal saya tidak ada memberikan dukungan dalam bentuk fotokopi KTP selama ini. Tapi anehnya KTP dan data saya terdaftar sebagai pendukung,” katanya, Rabu (8/7).

Menurut Samsudin, tidak hanya dirinya, beberapa temannya di kecamatan lain juga mengalami hal serupa. Untungnya, ia telah diberi formulir dari KPU untuk membuat pernyataan bahwa tidak memberikan dukungan kepada calon perseorangan.

Terpisah, Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih enggan mengomentari lebih banyak mengenai hal tersebut. Hanya saja, ia menjelaskan itulah fungsi dari verifikasi faktual (verfak) yang dilakukan oleh pihaknya, yakni memastikan kembali kepastian dukungan dari warga.

Jika ada warga yang merasa tidak mendukung, maka akan diarahkan untuk mengisi lampiran BA5 KWK. Lampiran itu nanti dijadikan sebagai dasar mereka untuk mencoret dukungan yang bersangkutan.

“Verfak saat ini masih berlangsung karena dilakukan 14 hari setelah diterimanya dokumen. Kemungkinan hingga 12 Juli nanti masih ada sebagian. Untuk hal itu kita tunggu nanti hasil rekapnya ya,” terang Siti. c-may

iklan atas

Pos terkait

iklan atas