Pabrik Kurangi Bibit, Harga Ayam Naik

  • Whatsapp
Pabrik Kurangi Bibit, Harga Ayam Naik
Pelanggan sedang membeli ayam ras di lapak Ari, penjual ayam di Jalan Antang, Senin (7/7). TABENGAN/DANIEL
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Harga ayam ras potong kembali naik. Menurut informasi dari sejumlah pedagang ayam di pasar tradisional, sudah hampir 1 minggu ini harga ayam naik di kisaran Rp50.000-52.000 per kilogram.

“Benar, data hari Senin tanggal 6 Juli, harga ayam Rp50.000 per kilogram untuk di Pasar Kahayan,” kata Dodhy, staf UPT Pasar Kahayan Kota Palangka Raya, ketika dibincangi Tabengan, Senin (7/7).

Ari, salah satu penjual ayam di Jalan Antang induk juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, sudah seminggu ini harga ayam relatif naik.

“Betul sudah semingguan kalau tidak salah. Tapi kalau saya jual harga Rp45.000, sedangkan hati dan rempela Rp10.000/3 buah,” kata Ari.

Sementara, di lapak pedagang lain di Jalan Bukit Indah, ayam ras potong dibanderol seharga Rp50.000 per kilogram. Ari mengaku ayam berasal dari pemasok dan rumah potong di Jalan Tingang.

Ari menambahkan, dalam sehari membawa sebanyak 2 kantong besar ayam ras potong. Dalam 1 kantong ada 10 ekor, dan paling sedikit 25 kilogram sehari.

Masih di sekitar Jalan Antang, Emi menjual ayam potong di lapaknya seharga Rp47.000 per kilogram. Emi mengakui ayam potong yang dijualnya dari pemasok tempat pemotongan di Km 11.

“Sehari paling ramai 40 kilogram bawa lebih 20 ekor. Ya tergantung besar kecilnya, kurang lebih sebanding 30,6 kilogram,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Peternak Unggas Andi Bustan membenarkan perihal kenaikan harga ayam ras potong di wilayah Palangka Raya. Penyebab tingginya harga ayam ras karena ada pengurangan pengadaan bibit ayam hingga 50 persen.

“Karena pabrik yang lalukan pengurangan bibit 50 persen, sehingga saat panen memang persediaan menjadi berkurang. Sekali lagi ini bukan karena masalah pengiriman dari Banjarmasin. Karena di Banjarmasin kondisi juga sama, adanya pengurangan bibit dari pabrik,” ujarnya.

Namun, Andi yakin dalam prediksinya setelah 3 minggu ini harga ayam akan stabil lagi di harga Rp40.000-an per kilogram.

“Memang kemungkinan bisa naik sampai harga Rp60.000-an per kilogram. Tapi sementara saja, prediksi setelah 3 minggu kembali normal,” tandasnya. dsn

iklan atas

Pos terkait

iklan atas