Warga Keluhkan Tarif BPJS Kesehatan Naik Lagi

  • Whatsapp
Warga Keluhkan Tarif BPJS Kesehatan Naik Lagi

SAMPIT/tabengan.com – Sejumlah pengguna BPJS Kesehatan kembali mengeluhkan tarif iuran bulanan BPJS Kesehatan peserta mandiri yang kembali naik. Seperti yang diungkapkan Hana (30) warga Kecamatan MB Ketapang. Dia dan ibunya terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan fasilitas layanan kelas II. Di bulan ini ketika hendak membayar iuran ia terkejut iuran mencapai Rp100 ribu per bulan, padahal bulan sebelumnya ia sempat membayar Rp45 ribu per bulannya.

“Bulan lalu sempat menurun namun saat bulan ini naik lagi sekitar 50 persen. Tentu hal ini memberatkan kami sementara kami pun belum pernah menggunakannya,” keluhnya, Selasa (7/7/2020).

Karena iuran yang cukup tinggi, ia berencana akan menurunkan fasilitas pelayanan yang sebelumnya ia daftarkan di kelas II menjadi kelas III. Menurutnya, itu merupakan solusi pihaknya daripada sama sekali tidak membayar iuran tiap bulannya.

“Apalagi kondisi Covid-19 seperti ini pendapatan masih tidak tentu. Namun tarif BPJS Kesehatan malah dinaikkan,” tuturnya.

Terpisah, staf Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Sampit Triono mengatakan, untuk bulan Juli memang terjadi penyesuaian tarif iuran khusus untuk kelas I dan II. Dimana untuk kelas I, tarif iuran ditetapkan sebesar Rp150 ribu dan kelas II ditetapkan sebesar Rp100 ribu.

“Sementara untuk tarif kelas III masih tetap,” ucapnya. c-may

Pos terkait