BMKG Palangka Raya: Waspada, Hujan Berpotensi Bencana

  • Whatsapp
BMKG Palangka Raya: Waspada, Hujan Berpotensi Bencana

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palangka Raya memberikan peringatan terkait kondisi cuaca di Kalimantan Tengah (Kalteng) saat ini hingga 3 hari ke depan. Meskipun sejumlah daerah di Kalteng sudah masuk musim kemarau, namun kondisi cuaca yang cukup sering terjadi hujan, diprediksi masih akan terus terjadi dan berpotensi menimbulkan bencana.

Prakirawan BMKG Palangka Raya Wijaya mengatakan, memang sekarang ini ada beberapa daerah yang sudah masuk dalam musim kemarau. Namun, potensi terjadinya hujan dari intensitas sedang sampai tinggi masih sering terjadi.

Hujan juga disertai dengan angin kencang dan petir, sehingga sangat berbahaya. Tidak semua daerah yang mengalami ini, ada beberapa daerah saja yang mendapatkan peringatan.

“Misalnya, wilayah Barito, sebut saja Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Barito Selatan, Palangka Raya, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, dan Kabupaten Kapuas adalah wilayah-wilayah yang berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang sampai lebat yang disertai petir,” kata Wijaya, Senin (6/7).

Kondisi yang dihadapi itu, lanjut Wijaya, diprakirakan akan terjadi selama 3 hari ke depan, mulai 6 Juli hingga 8 Juli 2020. Dampak yang harus diperhatikan dan diwaspadai adalah peningkatan curah hujan 3 hari ke depan yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, longsor, angin kencang, serta hujan disertai kilat/petir.

Wijaya juga mengingatkan masyarakat agar waspada potensi angin kencang di wilayah pesisir dan perairan selatan Kalteng. Waspada potensi tinggi gelombang berkisar antara 1-2,5 meter di wilayah perairan selatan Kalteng. Masyarakat pesisir harus berhati-hati ketika beraktivitas di laut. ded

Pos terkait