Kerahkan 800 Lebih Personel Amankan Pilkada Kotim

  • Whatsapp
Kerahkan 800 Lebih Personel Amankan Pilkada Kotim
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com – Pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kotim tanggal 9 Desember 2020 mendatang, Polres Kotawaringin Timur akan mengerahkan lebih dari 800 personel untuk melakukan pengamanan di tempat-tempat pemungutan suara atau TPS.

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin mengungkapkan, personel yang dikerahkan tersebut berasal dari Polres Kotim serta personel BKO (Bawah Kendali Operasi) dari Polda Kalteng.

“Jumlah tersebut masih dinamis atau bisa berubah. Tergantung situasi di lapangan apakah ada penambahan TPS atau tidak. Tapi yang pasti kami siap untuk mengamankannya,” jelas Kapolres, Minggu (5/7/2020) malam.

Dalam melaksanakan tugas nanti, jelas Kapolres, anggotanya akan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Pihaknya sudah menyampaikan kepada KPU Kotim, bahwa anggotanya yang melakukan pengamanan agar diberikan alat pelindung diri (APD). Antara lain masker, pelindung wajah atau face shield, sarung tangan, hand sanitizer dan alat pelindung lainnya.

Untuk pemetaan daerah rawan di Kabupaten Kotim pada pelaksanaan Pilkada mendatang, Kapolres mengatakan, daerah yang rawan adalah daerah yang lokasinya sulit dijangkau. “Seperti di Kecamatan Antang Kalang, Desa Tumbang Gagu. Jarak tempuh dari Sampit sangat jauh, belum lagi harus melewati jalur sungai. Sehingga untuk pengamanannya adalah satu TPS satu personel. Tidak bisa personel di sana mengawasi dua TPS, karena bila terjadi sesuatu pasti dia tidak bisa mengatasi dengan cepat,” ungkapnya.

Kalau di kota, tambahnya, pengamanannya bisa lebih mudah, karena jarak antar-TPS yang relatif dekat.

“Kalau satu TPS ada riak, pasti dengan cepat bisa didatangi, cepat berpindah. Tapi kalau misalnya berjauhan, nah itulah kerawanan masalah geografis,” pungkasnya.

Untuk Pilkada Kotim 2020 sendiri, diperkirakan terdapat 905 buah tempat pemungutan suara. Jumlah TPS tersebut masih bisa berubah sesuai dengan hasil verifikasi daftar pemilih nantinya. c-arb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas