Bupati Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Arut Utara

  • Whatsapp
Bupati Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Arut Utara
Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat meninjau lokasi banjir di Kecamatan Arut Utara.

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah meninjau lokasi banjir di Kelurahan Pangkut, Kecamatan Arut Utara, dengan menggunakan perahu karet. Orang nomor satu di Bumi Marunting Batu Aji ini membagikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak banjir, Selasa (30/6/2020).

Dalam kegiatan itu, Bupati Kobar didampingi Camat Arut Utara M Iksan, Kepala Dinas Sosial Ahmad Yadi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kobar Bambang Djatmiko, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Rusmawardi, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kobar Reneli, Kapolsek Arut Utara dan Danramil.

Menurut Bupati Kobar, bantuan yang disalurkan kepada warga yang terdampak banjir ini selain dari Pemerintah Daerah Kobar juga ada bantuan dari perusahaan yang ada di sekitar Kecamatan Arut Utara seperti PT Astra, PT Korintiga Hutani dan PT BJAP.

“Untuk wilayah Kabupaten Kobar banjir terjadi di Kecamatan Arut Utara dan Kecamatan Kotawaringin Lama. Hal ini disebabkan oleh curah hujan yang tinggi, sehingga permukiman warga yang tinggal di bantaran sungai tergenang. Banjir ini sudah terjadi hampir sepekan, kondisi terkini sudah mulai ada penurunan. Namun sejumlah warga ternyata enggan dievakuasi,” kata Hj Nurhidayah.

Meski selalu diterjang banjir, lanjut Nurhidayah, warga enggan untuk direlokasi, karena pemerintah daerah telah berkoordinasi dengan kecamatan untuk memberikan solusi agar masyarakat ini pindah ke tempat yang lebih tinggi, namun demikian warga memilih tetap bertahan.

“Ibu harapkan warga tetap waspada, mengingat curah hujan masih tinggi, jika warga enggan mengungsi, warga diminta berhati-hati, terutama dengan kondisi ketinggian debit air sungai dan kabel listrik, terutama jauhi dari jangkauan anak anak. Terus terang banjir ini membuat kita semua prihatin, namun demikian percayalah pemerintah daerah memberikan solusi agar warga mau direlokasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kobar Reneli mengatakan, hingga saat ini bantuan yang telah disalurkan untuk Kecamatan Arut Utara sebanyak 250 paket.

“Kami baru menyalurkan bantuan sebanyak 250 paket, dan bantuan yang disalurkan juga ada dari Dinas Sosial Kobar dan pihak perusahaan, dimana bantuan paket sembako itu diserahkan kepada pihak kecamatan untuk di salurkan kepada warga,” ujar Reneli. c-uli

Pos terkait