Orangutan Jantan Ditranslokasi ke Taman Nasional Tanjung Puting

  • Whatsapp
Orangutan Jantan Ditranslokasi ke Taman Nasional Tanjung Puting
Orangutan jantan yang diselamatkan oleh petugas BKSDA dan OFI ditranslokasi ke TN Tanjung Puting, Kotawaringin Barat. ISTIMEWA
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com – Setelah melakukan rescue terhadap seekor orangutan jantan dewasa di kebun warga di Jalan Lingkar Selatan, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, rencananya orangutan tersebut akan dilakukan translokasi ke kawasan Taman Nasional Tanjung Puting di Kotawaringin Barat, Selasa (30/6/2020).

“Sore itu juga (Senin, 29 Juni 2020) dibawa ke Kantor BKSDA SKW II di Pangkalan Bun. Orangutan tersebut akan dipindahkan ke tempat yang aman dan nyaman untuknya,” terang Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Selasa siang.

Kawasan Taman Nasional Tanjung Puting dinilai aman, jelas Muriansyah, karena merupakan kawasan konservasi.

“Kawasan itu dianggap nyaman karena daerah tersebut merupakan habitat orangutan,” lanjutnya.

Sedangkan terkait orangutan betina yang masih belum dievakuasi di kebun warga di Jalan Lingkar Selatan atau Jalan M. Hatta Sampit, Muriansyah mengatakan pihaknya akan terus melakukan pemantauan.

“Dua atau 3 hari tidak muncul, kemungkinan hari keempat bisa muncul lagi. Jadi masih terus kami pantau,” tandasnya.

Sebelumnya, petugas dari BKSDA SKW II dan Orangutan Foundation Internasional (OFI) melakukan penyelamatan terhadap seekor orangutan dewasa yang kerap berkeliaran di kebum warga di pinggiran Kota Sampit. Saat ini masih ada seekor orangutan betina dewasa yang masih berkeliaran di sekitar kawasan tersebut. c-arb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas