IDI Kalteng: Jangan Remehkan Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
IDI Kalteng: Jangan Remehkan Protokol Kesehatan
dr MIKKO U LUDJEN
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Masyarakat diingatkan dan dihimbau tidak abaikan protokol pencegahan penularan Corona virus (Covid 19), dalam menjalankan rutinitas sehari-hari. Salah satu penyebab angka kasus positif masih cenderung meningkat lantaran masyarakat belum disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan termasuk memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak (Physical Distancing).

“Ada beberapa penelitian membuktikan, memakai masker adalah cara paling efektif untuk mencegah penularan virus corona. Memakai masker saat di luar rumah dengan cara yang benar merupakan cara efektif untuk mencegah penularan virus antar manusia,” kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) dr Mikko Uriamapas Ludjen SpOG, Sabtu (27/6).

Agar lebih efektif lagi, lanjut Mikko, peneliti menyebut penggunaan masker di ruang publik perlu ditunjang praktik jaga jarak aman, disiplin karantina, dan pelacakan kontak dari pasien positif Covid-19.cara memakai masker yang benar adalah selain memakai masker, hendaknya tetap jaga jarak aman minimal satu meter dengan orang lain saat berada di luar rumah.

Pemakaian masker yang tepat, sampai benar-benar menutup hidung, mulut, dan dagu. Memakai masker dengan tepat dapat mencegah penularan virus. Selain memakai masker, hendaknya tetap jaga jarak aman minimal satu meter dengan orang lain saat berada di luar rumah.

Saat masker sudah terpasang dengan benar, jangan sekali-kali menyentuh masker sampai ganti masker selanjutnya. Jika menggunakan masker sekali pakai seperti masker bedah, buang masker dan jangan digunakan kembali. Sedangkan untuk masker kain, jaga kebersihan masker dengan segera mencucinya setelah digunakan. Pastikan tangan dalam kondisi bersih sebelum memakai dan melepas masker. yml

iklan atas

Pos terkait

iklan atas