Dugan Pencemaran Limbah, Gad Minta Bantahan PT IMK Bisa Dibuktikan

  • Whatsapp
Dugan Pencemaran Limbah, Gad Minta Bantahan PT IMK Bisa Dibuktikan
Lokasi Eks Tambang Pt.IMK yang dijadikan penampungan air
iklan atas

PURUK CAHU/tabengan.com – Anggota Komisi II DPRD Murung Raya, Gad F Silam, menanggapi adanya bantahan dari pihak PT Indo Muro Kencana (IMK) perihal dugaan pencemaran lingkungan yang pernah disampaikannya. Saat itu pihak PT IMK mengatakan bahwa itu bukan masuk kategori pencemaran lingkungan.

Menurut Gad, bantahan ini merupakan privasi hak dari PT IMK untuk mengklarifikasi. Namun, Gad selaku legislator minta kepada pihak PT IMK, bisa membuktikan bahwa limbah yang sudah jatuh ke Sungai Maan Desa Batu Mirau Kecamatan Sungai Babuat baik faktor disengaja maupun tidak disengaja itu tidak dalam kategori pencemaran lingkungan secara hukum.

Gad menegaskan, selain dugaan pencemaran, permasalahan lainya seperti perizinan PT IMK melakukan aktivitas pertambangan perlu dievaluasi secara administrasi guna memastikan kegiatan penambangan sudah legal atau ilegal sesuai ketentuan UU Lingkungan Hidup, UU Minerba dan UU Kehutanan.

Dia juga menyebutkan masih menunggu proses lebih lanjut dari pihak Pemkab Murung Raya, Dewan Adat (DAD) Mura, DAD Provinsi , Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) dan para aktivis lingkungan hidup.

“Kita tunggu proses lebih lanjut oleh Pemkab Mura termasuk DAD Provinsi Kalteng, DAD Mura, aktivis lingkungan WALHI Kalteng maupun jaringan lembaga pemerhati lingkungan tingkat Internasional yang sudah siap untuk membentuk pansus melakukan penelitian terhadap dugaan pencemaran dan termasuk audit semua perijinana PT IMK,” kKata Gad F Silam, Kamis (25/6).

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalteng Esau Tambang mengatakan pihaknya akan segera turun lapangan guna melakukan pengawasan terhadap informasi tersebut.

Dia juga memastikan ketika informasi perihal dugaan pencemaran Sungai Maan terbukti benar, dirinya tidak akan segan untuk menindak tegas PT IMK sesuai ketentuan perundang undangan.c-sjs

iklan atas

Pos terkait

iklan atas