Buaya di Handil Sohor Kerap Menampakkan Diri

  • Whatsapp
Buaya di Handil Sohor Kerap Menampakkan Diri
Seekor buaya muara di Desa Handil Sohor yang sempat didokumentasikan warga setempat. ISTIMEWA

SAMPIT/tabengan.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Sampit saat ini masih terus memantau beberapa jerat buaya yang mereka pasang di Desa Handil Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kotawaringin Timur. Buaya di daerah tersebut juga kerap menampakkan diri.

Komandan BKSDA Pos Sampit Muriansyah mengungkapkan, dari beberapa jerat buaya yang mereka pasang, ada satu jerat yang umpannya sempat disambar buaya pada Rabu, 24 Mei lalu. Namun, buaya yang menyambar umpan tersebut tidak tertangkap.

“Umpan sempat disambar, tapi buaya terlepas dari jerat. Jerat yang sempat disambar hari Rabu tadi, jerat yang berada di daerah hulu. Makanya jerat yang di daerah hilir di pindah ke hulu. Jadi posisi jerat yang dipasang di daerah hulu ada 2 buah,” jelas Muriansyah, Jumat (26/6/2020).

Disampaikan Muriansyah, dari keterangan warga dan dokumentasi warga, buaya yang sempat berada di daerah tersebut adalah jenis buaya muara. “Kalau dari dokumentasi warga yang kami dapatkan dari warga, adalah jenis buaya muara dengan panjang sekitar 2,5 meter,” tandasnya.

Sebelumnya, sedikitnya ada 6 kali serangan buaya terhadap warga di Desa Handil Sohor sepanjang tahun 2020 ini. Dari 6 kali serangan tersebut, seorang warga mengalami luka di bagian tangan dan belum ada korban jiwa. Namun demikian, seringnya terjadi serangan buaya di daerah tersebut cukup meresahkan warga setempat. c-arb

Pos terkait