Ratusan Petugas Pilkada Jalani Rapid Test

  • Whatsapp
Ratusan Petugas Pilkada Jalani Rapid Test
Pelaksanaan rapid test untuk petugas Pilkada di Gedung Serbaguna Sampit. ISTIMEWA
iklan atas

SAMPIT/tabengan.com – Sebanyak 500 orang yang bertugas pada tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) mengikuti pemeriksaan kesehatan rapid test, Kamis (25/6/2020). Rapid test dipusatkan di Gedung Serbaguna Sampit dan difasilitasi oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotim Siti Fathonah Purnaningsih mengatakan, petugas yang mengikuti rapid test terdiri dari seluruh anggota KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan juga petugas verifikasi faktual calon perseorangan.

Rapid test tersebut dilaksanakan sebagai upaya memberikan rasa aman terhadap masyarakat dan juga petugas sendiri, sehingga saat melakukan verifikasi, warga tidak khawatir akan tertular Covid-19.

“Rapid test menjadi hal yang wajib untuk seluruh petugas tahapan Pilkada. Kita ingin memberikan rasa aman kepada masyarakat sehingga ketika melakukan verifikasi warga juga tidak khawatir,” ujarnya.

Diungkapkan Siti, pemeriksaan rapid test dilakukan secara bertahap di beberapa tempat selama 3 hari. Khusus untuk 500 orang petugas saat itu dibagi menjadi 2 lokasi, yakni di Gedung Serbaguna Sampit sebanyak 300 orang dan di wilayah Kecamatan Cempaga 200 orang. Total petugas yang akan bertugas berjumlah 1.321 orang.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kotim Multazam K Anwar menambahkan, pihaknya hanya memfasilitasi kegiatan rapid test tersebut, sedangkan untuk biaya semua berasal dari KPU. c-may

iklan atas

Pos terkait

iklan atas