Gubernur Terus Dorong Upaya Percepatan Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
Gubernur Terus Dorong Upaya Percepatan Penanganan Covid-19
H. Sugianto Sabran
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, selaku Ketua Gugus Tugas Kalteng terus-menerus memberikan arahan mengenai upaya percepatan penanganan Covid-19 dan telah dilaksanakan oleh Gugus Tugas Provinsi dan juga Gugus Tugas Kabupaten/Kota untuk memutus penyebaran Covid-19 di masyarakat Kalteng.

“Langkah-langkah sangat strategis yang telah dilaksanakan antara lain, terus menerus bersemangat melakukan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh masyarakat Kalteng. Siaran keliling yang melibatkan organisasi kemasyarakatan, pemasangan poster pada tempat-tempat strategis, penyebaran brosur dan leaflet,” kata Sugianto Sabran.

Sugianto mengharapkan, terus lakukan sosialisasi melalui media cetak lokal, sosialisasi melalui media-media online local tentang edukasi perilaku hidup bersih dan sehat, dan edukasi gerakan masyarakat hidup sehat, yang difokuskan pada zona-zona merah, ujarnya melalui rilis yang diterima Tabengan, Minggu (21/6) sore.

Selain itu, lanjut Sugianto, juga terus menerus meningkatkan upaya mitigasi untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19, terus lakukan penyemprotan disinfektan pada fasilitas umum, fasilitas sosial, perumahan-perumahan masyarakat, dan tempat lainnya.

“Pembagian disinfektan kepada masyarakat untuk melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri, penyemprotan disinfektan melalui udara menggunakan drone, pembagian masker pada masyarakat, pemasangan tandon-tandon cuci tangan pada fasilitas publik, fasilitas sosial dan tempat umum lainnya, yang difokuskan pada zona-zona merah, harus terus dilakukan,” harap Sugianto.

Juga agresif melakukan deteksi, berupa rapid test massal pada beberapa pasar, penelusuran kontak erat, pemeriksaan suhu dan anamnesa pada pos-pos batas, pembangunan laboratorium BSL2 di Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangka Raya, serta pengadaan RT PCR di Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangka Raya.

Bahkan, Gubernur Kalteng itu secara langsung memimpin rapid test massal di Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat, dan akan terus melakukan hal yang sama pada kabupaten lainnya.

Selain itu, kata dia, Pemerintah Provinsi Kalteng akan terus meningkatkan upaya pengujian spesimen covid-19. Saat ini, Pemerintah Provinsi Kalteng telah mengadakan 4.800 tes kit PCR dan kelengkapannya.

Dengan peningkatan jumlah tes terhadap masyarakat Kalteng maka kita bisa semakin cepat memastikan bahwa tidak ada masyarakat yang terpapar Covid-19.

Pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat melalui pambagian bantuan sosial kepada masyarakat, pengendalian ketersediaan bahan-bahan pokok dan bahan penting lainnya. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebanyak 30.987 KK dari target sebanyak 116.714 KK untuk tahap pertama.

Melakukan penegakan hukum secara konsisten, tegas dan humanis, penegakan hukum pada pos batas terus menerus ditingkatkan, pemantauan dan penegakan hukum terhadap upaya-upaya penimbunan bahan pokok dan bahan penting lainnya terus dilakukan.dkw

iklan atas

Pos terkait

iklan atas