Polsek Jaya Karya Maksimalkan Sosialisasi Karhutla Malam Hari

  • Whatsapp
Polsek Jaya Karya Maksimalkan Sosialisasi Karhutla Malam Hari
Kapolsek Jaya Karya Ipda Doohan Octa Prasetya saat mengikuti rapat koordinasi pencegahan Karhutla, Rabu (24/6/2020). ISTIMEWA

SAMPIT/tabengan.com – Mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada musim kemarau tahun 2020 ini, jajaran Polsek Jaya Karya memaksimalkan sosialisasi karhutla pada malam hari. Sosialisasi ini ditujukan kepada warga dua kecamatan di selatan Kotim yaitu Kecamatan Mentaya Hilir Selatan dan Teluk Sampit.

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin melalui Kapolsek Jaya Karya Ipda Doohan Octa Prasetya mengungkapkan, pihaknya melakukan inovasi sosialisasi karhutla pada malam hari atau yang disebut Si Karla.

“Hal ini dilakukan agar bisa bertemu langsung dengan masyarakat,” katanya, Rabu (24/6/2020).

Disampaikan Kapolsek, inovasi yang mereka lakukan tersebut karena mayoritas masyarakat di daerah selatan Kotim memiliki mata pencaharian sebagai petani, sehingga pada saat siang hari, mereka akan sibuk bekerja di ladang, sehingga sangat jarang di rumah.

“Sosialisasi dilakukan pada malam hari, karena saat itulah masyarakat ada di rumah dan bisa diberikan masukan terkait dengan menjaga lahan agar tidak terbakar atau dibakar. Yang kami tekankan kepada masyarakat adalah menjaga lahannya agar tidak dibakar. Karena dampaknya sangat luas baik bagi kesehatan atau bahkan ekonomi,” jelas Kapolsek.

Selain itu, program tersebut juga diharapkan bisa menyentuh langsung kepada masyarakat, sehingga wilayah selatan saat musim kemarau bisa terbebas dari karhutla.

“Yang kami utamakan saat ini adalah pencegahan, agar Karhutla tidak terjadi di Kotim,” tandasnya.

Pelaksanaan sosialisasi secara masif juga akan terus dilakukan kepada masyarakat. Agar mereka bisa lebih eksta menjaga lahan mereka terhindar dari karhutla. c-arb

Pos terkait