KKN Universitas Sebelas Maret Mandiri, Mengabdi pada Negeri Guna Memutus Mata Rantai Pandemi

  • Whatsapp
KKN Universitas Sebelas Maret Mandiri, Mengabdi pada Negeri Guna Memutus Mata Rantai Pandemi
Pembagian Masker kepada dan Pemasangan Tempat Cuci Tangan RT.03/RW.023, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Palangka Raya.

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Di tengah pandemi Covid-19 yang merebak saat ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) tetap menggelar salah satu bentuk nyata Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni dalam pengabdian masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik bertemakan “KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19” yang dilaksanakan secara individu oleh mahasiswa peserta KKN di daerah tempat tinggal masing-masing sebagai bentuk dukungan nyata UNS terhadap upaya pemerintah dan juga masyarakat dalam bersama-sama memerangi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Elisabeth Felita Silalahi, mahasiswa dari Fakultas Hukum Program Studi Ilmu Hukum adalah salah satu mahasiswa yang menjalani KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 Tahap 1. Secara mandiri Elisabeth melakukan KKN di tempat tinggalnya, tepatnya di RT.03/RW.023, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam program KKN ini Elisabeth mengambil sub tema “Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19”, dimana kegiatan utamanya adalah dengan program-program preventif dan promotif melalui KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) kepada masyarakat sekitar terkait COVID-19.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Elisabeth semasa KKN ini adalah seperti memberikan edukasi terkait protokol kesehatan dan informasi seputar Covid-19 kepada masyarakat secara daring melalui media sosial Instagram dan Line yang mudah diakses sehingga penyebaran informasi menjadi lebih luas. Selain itu, Elisabeth juga memasang poster berisi cara pencegahan Covid-19 yang dipasang di tempat-tempat yang sering dikunjungi masyarakat seperti pasar, rumah ibadah, dan tempat makan dengan tujuan agar semakin banyak masyarakat yang sadar dan peduli akan ancaman serius dari pandemi ini.

Tidak hanya itu, mahasiswa dibawah bimbingan Eksa Rudisayana S.P., M.Sc selaku DPL ini juga melakukan edukasi terkait pentingnya melindungi diri terutama saat beraktivitas di luar rumah, sembari membagikan masker, handsanitizer, dan hand gloves kepada warga sekitar. Kemudian, Elisabeth juga membuat dan memasang Tempat Cuci Tangan di beberapa warung dan toko dengan tujuan agar masyarakat luas semakin peduli dan sadar pentingnya penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), salah satunya, yaitu dengan rajin mencuci tangan dengan baik dan benar.

Kegiatan KKN yang berlangsung sejak tanggal 1 Mei hingga 19 Juni tersebut lantas mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat, dan mampu meningkatkan sensitivitas dan kewaspadaan masyarakat dalam menjalani hari-hari di masa pandemi Covid-19 sekarang. Kegiatan KKN menjadi wadah anak muda untuk berkarya nyata bagi masyarakat dan semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut dan menginspirasi program-program lain yang bertujuan untuk membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.ist

Pos terkait