Gelar Seni Budaya, Pertunjukan Seni Dilaksanakan Standar Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
Gelar Seni Budaya, Pertunjukan Seni Dilaksanakan Standar Protokol Kesehatan
Penampilan salah satu sanggar seni dalam kegiatan Gelar Seni Budaya yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng melalui UPT Taman Budaya, Sabtu (20/6) di UPT Taman Budaya, sebagai wujud membangkitkan kembali seni dan budaya Kalteng, akibat vakum selama pandemi Covid-19. TABENGAN/DEDY
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng melalui UPT Taman Budaya untuk pertama kali setelah sekian bulan, kembali menghadirkan hiburan seni dan budaya bagi masyarakat. Kondisi pandemi yang dihadapi sekarang ini, membuat penampilan pertunjukan dengan mengacu pada protokol kesehatan, dan hal serupa juga berlaku pada penonton yang datang dan menyaksikan secara langsung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Guntur Talajan, mengatakan, penampilan perdana setelah sekian lama vakum merupakan uji coba jelang berlakunya normal baru atau new normal. Kegiatan seni pertunjukan yang dilaksanakan juga dalam kondisi yang dibtasi bagi masyarakat umum, namun bisa dinikmati secara virtual.

“Ini menjadi perdana penampilan yang dilakukan Disbudpar Kalteng melalui UPT Taman Budaya dalam kembali mengakomodir para pelaku seni dalam mengapresiasikan kreasi seni yang dimiliki. Standar atau protokol kesehatan diterapkan dalam kegiatan Gelar Seni Budaya. Gelar Seni Budaya memang kembali dilaksanakan, namun tetap mendukung langkah pemerintah menekan penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kalteng,” kata Guntur, usai kegiatan Sabtu (20/6) di Palangka Raya.

Guntur mengatakan, ini adalah simulasi awal bagaimana kedepan bersama dapat tetap melaksanakan agenda seperti ini, dengan berpedoman pada protokol kesehatan sehingga penyebaran virus Covid-19 di Kalteng bersama ditekan. Sekarang ini, pemerintah berupaya membangkitkan seni dan budaya Kalteng, setelah cukup lama vakum.

Sementara itu, Kepala UPT Taman Budaya Suraji, mengatakan, kegiatan Gelar Seni Budaya yang dilaksanakan sesuai dengan pedoman kesehatan terkait penanganan Covid-19. Kegiatan Gelar Seni Budaya kembali dilaksanakan sebagai wujud pelestarian seni dan budaya di Kalteng. Upaya ini pula, untuk kembali melakukan promosi, sehingga saat Covid-19 berakhir promosi kembali lebih gencar dilakukan.

“Selama 3 bulan terakhir, UPT Taman Budaya sepi dampak dari pandemi Covid-19. Sekarang, UPT Taman Budaya kembali mencoba mengadakan kegiatan, yang tentunya tidak melupakan protokol kesehatan. Setiap siapa saja yang masuk dalam kawasn UPT Taman Budaya, wajib mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan,” kata Suraji.

Terpisah, Pelaku Seni Beni Tundan, mengaku senang dengan kembali digelarnya berbagai jenis pertunjukan bagi masyarakat. Sekarang ini, tidak ada pilihan bagi masyarakat, selain beradaptasi ditengah kondisi sekarang ini. Meski demikian, mengedepankan protokol kesehatan dalam memutus mata rantai penyebaran adalah hal yang paling utama sekarang ini.ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas