Angkut Kayu Meranti, 2 Sopir Truk Diamankan

  • Whatsapp
Angkut Kayu Meranti, 2 Sopir Truk Diamankan
Dua orang sopir truk yang diamankan polisi karena tertangkap mengangkut kayu.
iklan atas

MUARA TEWEH/tabengan.com – Jajaran Satreskrim Polres Barito Utara (Barut) berhasil mengamankan dua orang pelaku illegal logging di Jalan Hauling PT SHS Km 15 Desa Pepas, Kecamatan Montallat, Rabu (17/6) lalu sekitar pukul 15.15 WIB. Kedua pelaku, Muhammad Arsyad alias Amat (32) dan Ismail (54), merupakan warga Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kusuma melalui Kasat Reskrim AKP Kristanto Situmeang mengatakan, sebelum penangkapan dilakukan, petugas mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa di Jalan Hauling PT SHS, Desa Pepas, ada truck yang membawa atau mengangkut kayu.

Kemudian anggota Polres berangkat ke Desa Pepas untuk melakukan partoli dengan menggunakan roda empat (R4) dan melakukan pengecekan tentang kebenaran adanya informasi tersebut. Benar saja, petugas menemukan satu unit mobil truck merek Mitsubishi PS 120 warna kuning tanpa plat nomor polisi, dengan muatan kayu bulat jenis meranti dengan diameter panjang 4 meter sebanyak 5 (lima) potong dengan volume ± 3,5 M3 (tiga koma lima meter kubik). Truk dikemudi oleh sopir bernama Muhammad Arsyad.

Ada juga satu unit mobil truck merek Hino Dutro warna hijau dengan nomor polisi KH 8280 AM dengan muatan Kayu gergajian jenis meranti dalam bentuk plat dengan berbagai macam ukuran sebanyak ± 4,5 M3 (empat koma lima meter kubik). Mobil hino ini dikemudi oleh Ismail.

“Ketika ditanyakan kepada terlapor tentang surat keterangan syahnya hasih hutan kayu yang menyertai kayu bulat dan kayu olahan tersebut, terlapor tidak dapat menunjukkannya,” ujar Kristanto di Muara Teweh, Minggu (21/6). Saat ini barang bukti dan terlapor sudah berada di Polres Barito Utara guna proses lebih lanjut. “Terhadap kedua pelaku dalam hal ini akan disangkakan Pasal 83 ayat (1) huruf b Jo Pasal 12 Huruf e Undang-undang RI No 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan,” tandasnya. c-ryu

iklan atas

Pos terkait

iklan atas