Tunjangan Belum Dibayar, ASN Kotim Banyak Cari Utangan

  • Whatsapp
Tunjangan Belum Dibayar, ASN Kotim Banyak Cari Utangan

SAMPIT/tabengan.com – Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai gelisah. Pasalnya, sudah sejak April lalu, Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP) yang biasa setiap bulan dibayarkan belum ada kabarnya. Akibat tidak ada tunjangan, sejumlah ASN pun harus mencari dana talangan atau pinjaman dana untuk menutupi keperluan hidup sehari-hari.

Seperti yang diungkapkan A (43) salah seorang ASN di salah satu SOPD di lingkungan Pemkab Kotim. Menurutnya, TTP yang biasa ia terima tiap bulan sampai saat ini belum jelas kapan akan dibayarkan.

“Selama ini hanya gaji pokok yang diterima sementara uang tunjangan belum dibayarkan. Padahal kami sangat memerlukan dana itu,” ujarnya kepada Tabengan, Minggu (21/6/2020).

Selain itu, gaji pokok yang ia terima pun tidak penuh didapatkan. Hal itu dikarenakan dirinya memiliki pinjaman dana di bank sehingga gaji pokok yang ia terima hanya separuh setelah dipotong pinjaman.

“Gaji yang saya terima sisa Rp1 juta, sementara kebutuhan hidup juga keperluan anak sekolah harus terpenuhi. Terpaksa saya harus meminjam uang di lembaga pembiayaan yang bunganya lumayan tinggi,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor mengakui TTP ASN belum dibayarkan sampai saat ini. Namun, dirinya belum mengetahui secara pasti apa yang menjadi kendala pembayaran belum dilakukan.

“Nanti saya cek dulu dengan BPKAD kemungkinan itu menunggu transfer dana dari pusat,” ujarnya singkat. c-may

Pos terkait