Warga Jalan Menteng XII Bangun Posko

  • Whatsapp
Warga Jalan Menteng XII Bangun Posko
Relawan Jalan Menteng XII tampak berjaga serta memeriksa suhu tubuh yang ingin masuk dan tampak pula warga wajib mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki area perumahan, Sabtu (20/6).TABENGAN/YULIANUS
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Penyebaran Covid-19 hampir ada diseluruh belahan dunia, tak terkecuali Negara Indonesia bahkan hingga saat ini sampai ke wilayah Kota Palangka Raya. Hal tersebut diperparah dengan tingkat penularan Covid-19 yang sangat cepat dan mudah antara sesama manusia, seperti melalui jabat tangan, berpelukan, berbicara dan yang lainnya

Karena hal itulah yang mendorong warga di sekitaran Jalan Menteng XII RT 06 RW VIII, Kelurahan Menteng, Palangka Raya melalui musyawarah bersama dengan membangun secara swadaya posko mandiri “Posko Tangguh Covid-19”. Berdiri tepat di awal masuk Jalan Menteng XII yang dijaga oleh beberapa relawan dari warga, dan tampak pula tersedia tempat cuci tangan bagi siapapun yang masuk ke area perumahan tersebut.

Kegiatan tersebut mulai diterapkan semenjak Covid-19 mulai masuk ke wilayah Kota Palangka Raya. Tujuannya agar dapat melindungi warga di lingkungan RT 06 RW 08 Kelurahan Menteng tidak terpapar ataupun menyebar Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Dedy Indarto selaku Ketua RT 06 RW 08 Kelurahan Menteng, kepada Tabengan, Sabtu (20/6) siang. “Ini adalah upaya dari kita agar warga disini bisa tetap aman. Semua kita lakukan dari karena kesadaran kita tentang bahayanya Covid-19 ini. Kegiatan ini sudah kita laksanakan bahkan sebelum diterapkannya PSBB di wilayah Palangka Raya. Relawan disini bergerak atas kemauan sendiri dan dikerjakan secara gotong royong” ungkap Dedy.

“Prosedur yang kita terapkan sangat mudah dan tidak memberatkan, bagi siapapun yang ingin keluar atau masuk kita wajibkan menggunakan masker, selain itu pula yang ingin masuk ke area perumahan kita wajibkan mencuci tangan terlebih dahulu, kita sudah menyediakan 7 kran air untuk menghidar antrian dan penumpukan orang, atau bagi yang memiliki hand sanitizer boleh digunakan terlebih dahulu sebelum memamasuki area perumahan, setiap yang masuk kita check suhu tubuhnya dan untuk yang bukan warga kita wajibkan mengisi buku tamu,” tambah Dedy.

Selain berjaga, relawan dari RT 06 RW 08 Kelurahan Menteng, Kota Palangka Raya ini juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan di area sekitar perumahan warga.

“Kita berharap apa yang kita lakukan disini bisa menjadi contoh nyata sehingga di tempat-tempat lain bisa mengikuti kegiatan yang sudah laksanakan ini. Sebab pencegahan dari lingkungan kecil seperti ini lah bila semua bergerak bersama secara tidak langsung akan mencakup seluruh wilayah yang ada,” tutup Dedy. Nus

iklan atas

Pos terkait

iklan atas