Permintaan Penjaminan Kredit Turun 40 Persen

  • Whatsapp
Permintaan Penjaminan Kredit Turun 40 Persen
Suhartono

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Dampak wabah virus Corona (Covid-19) yang hingga kini belum teratasi membawa dampak bagi permintaan penjaminan kredit di Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Kalimantan Tengah.

Direktur Utama Jamkrida Kalteng Suhartono mengatakan bahwa memang terjadi penurunan yang tajam pemintaan penjaminan kredit dari para usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Dampak Corona ini bank sangat selektif menyalurkan kredit produktif. Di kami (Jamkrida) juga sangat terasa permintaan penjaminan menurun tajam hingga sekitar 40 persen,” bebernya saat dibincangi Tabengan, Jumat (19/6).

Suhartono juga mengatakan tampak pula sebagian debitur terdampak wabah Corona mengalami penurunan pendapatan sehingga hal tersebut mempengaruhi cicilan mereka di bank.

Menurut dia program untuk membantu debitur salah satunya yang sudah dilakukan bank dan Jamkrida adalah melakukan restruktur kredit para debitur. “Diberi kelonggaran tunda cicilan pokok,” imbuhnya.

Sementara terkait banyaknya jumlah kredit macet yang terjadi di Kalteng oleh karena dampak Corona, Suhartono mengakui pihaknya tidak memiliki data tersebut. Dia menyarankan untuk dikonfirmasi ke kepada pihak perbabnkan.

“Karena itu ada di data bank. Yang ada di kami adalah jumlah yang di klaim disebabkan kredit nasabah di bank macet,” tutup Suhartono. dsn

Pos terkait