Rawing Kaget Masuk Bursa Bacawagub Kalteng

  • Whatsapp
Rawing Kaget Masuk Bursa Bacawagub Kalteng
Rawing Rambang

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng Rawing Rambang mengaku kaget namanya masuk dalam bursa bakal calon Wakil Gubernur Provinsi Kalteng mendampingi H Sugianto Sabran sebagai petahana dalam Pilkada Kalteng 9 Desember 2020.

Menurut Rawing, selama ini tidak pernah memikirkan sama sekali mengenai dunia politik. Bahkan menjalin komunikasi dengan partai politik saja tidak pernah. Dia hanya fokus bekerja untuk masyarakat perkebunan dan membantu gubernur di bidang perkebunan.

Sebab itulah, ketika namanya disebut-sebut masuk dalam bursa bacawagub mendampingi Sugianto, ia sangat terkejut. Namun, kalau memang kehendak orang banyak dan kerjaannya itu bermanfaat untuk orang banyak, Rawing tidak menolak.

“Saya ini kan orang birokrat, tugas saya saat ini membantu Pak Gubernur sampai habis masa jabatan saya. Saya menghormati pendapat orang banyak, saya ngikut aja nanti, kalau memang itu kehendak orang banyak, saya siap untuk mengabdi bagi Kalimantan Tengah,” kata Rawing, ketika ditemui, Kamis (18/6).

Selama ini, lanjut Rawing, dirinya sudah bekerja membantu Gubernur menindaklanjuti terobosan di dunia perkebunan. Misalnya mengembangkan beberapa inovasi selain kelapa sawit dan karet, juga mengembangkan kopi, kelapa dan cokelat.

Ia pun merasa salut dengan terobosan yang dilakukan oleh Gubernur mengembangkan komoditi, sehingga ada diversifikasi tanaman. Selama ini Kalteng sangat tergantung dengan kelapa sawit dan karet, sehingga Gubernur berusaha kalau komoditi ini harganya turun, maka ada komoditi lain yang menopangnya.

Luasan Kalteng kurang lebih 15.354.000 hektare, yang sudah ditanami sawit itu hampir 2 juta hektare, karet kurang lebih 450 ribu hektare. Kemudian kelapa 33 ribu hektare, kopi kurang lebih 1.700 hektare, cokelat 2.173 hektare, sehingga bisa dikembangkan lagi dengan luasan lahan yang ada. Misalnya komoditi yang dicari dan dikembangkan ini kopi dan komoditi strategis lainnya karena ada permintaan di mana-mana. yml

Pos terkait