Pilkada Desember, Bupati Khawatir Tingkat Kehadiran Minim

  • Whatsapp
Pilkada Desember, Bupati Khawatir Tingkat Kehadiran Minim
H Supian Hadi

SAMPIT/tabengan.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) telah ditetapkan digelar pada Desember mendatang. Pelaksanaan Pilkada ditengah masa pandemi Covid-19 , membuat Bupati Kotim H Supian Hadi ragu dengan tingkat kehadiran warga yang mencoblos ketika hari H pelaksanaan Pilkada nantinya.

“Masyarakat masih takut untuk keluar rumah dengan situasi seperti ini. Saya khawatir ini akan berimbas dengan partisipasi pemilih yang hadir nantinya,” ujarnya Rabu (17/6).

Selain itu Supian juga mengkhawatirkan, pelaksanaan Pilkada pada masa pandemi ini membuat pelaksanaan tidak maksimal dilakukan. Terlebih saat ini beban psikologis masyarakat terkait situasi Covid-19 yang masih terjadi. Jika pelaksanaan Pilkada masih bisa diundur, ia menyarankan lebih baik pelaksanaan Pilkada mundur atau tidak dilaksanakan di tahun ini. Meski demikian, jika berbicara kesiapan dirinya mengaku Pemkab Kotim selalu siap untuk melaksanakan Pilkada baik dari sisi anggaran maupun dari personel pembantu penyelenggaraan Pilkada.

“Siap tidak siap kita harus siap. Namun jika bisa memilih lebih baik dimundurkan. Supaya masyarakat sebagai pemilih bisa nyaman di situasi new normal ketika memberikan hak suara nantinya,” tuturnya.

Kemudian untuk pelaksanaan Pilkada di tahun ini menurutnya agak sedikit berat terutama dari sisi anggaran. Karena pihaknya harus menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk semua peserta yang terlibat penyelenggaraan Pilkada. Meski demikian pihaknya akan tetap berupaya untuk menyiapkan hal itu semua.

Terpisah Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotim Siti Fathonah Purnaningsih mengatakan untuk anggaran Pilkada besarannya masih sama seperti yang ditetapkan awal. Saat ini pihaknya tengah melakukan optimalisasi yang ada.

“Untuk anggaran sesuai NPHD, yakni sebesar Rp35.265.000.000 ditambah anggaran honor adhock di anggaran perubahan nanti Rp2.000.000.000,” tuturnya. c-may

Pos terkait