Pilkada Kalteng, Kampanye Dilakukan Terbatas dan Melalui Media

  • Whatsapp
Pilkada Kalteng, Kampanye Dilakukan Terbatas dan Melalui Media
HARMAIN IBRAHIM

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Diundangkannya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 5 Tahun 2020 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, yang menandai bahwa tahapan Pilkada serentak 2020, maka tahapan pemilihan serentak kembali dilanjutkan.

Ketua KPU Kalimantan Tengah (Kalteng) Harmain Ibrahim mengatakan, tahapan pelaksanaan Pilkada serentak termasuk di Kalteng kembali dilaksanakan. Ada beberapa poin dalam tahapan Pilkada serentak lanjutan ini, di antaranya pengumuman pendaftaran calon Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur berlangsung 28 Agustus sampai 3 September 2020.

Tahapan yang paling krusial, kata Harmain, pada saat pelaksanaan kampanye nantinya. Kampanye adalah tahapan yang harus menjadi perhatian serius bersama ditengah pandemi Corona atau Covid-19 ini. Partai politik, gabungan partai politik, pasangan calon (paslon) ataupun tim kampanye dilarang untuk melakukan kampanye yang mengumpulkan orang banyak.

“Sekarang ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, sehingga saat pelaksanaan kampanye wajib mengedepankan protokol kesehatan. Kampanye seperti rapat umum, , kegiatan seni seperti pentas budaya, konser musik, sepeda santai, bazar, donor darah, sampai pada pesta perayaan ulang tahun. Selama tahapan pilkada tetap melakukan protokol kesehatan, dengan wajib menggunakan masker dan juga sarung tangan,” kata Harmain, saat menyampaikan skema kampanye yang dilarang pada saat pilkada serentak nanti, Selasa (17/6), di Palangka Raya.

Dia sampaikan, semua itu wajib ditaati dan dilaksanakan oleh peserta Pilkada, dalam upaya mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 di Kalteng, demi suksesnya Pilkada serentak di Kalteng. Itu untuk tahapan dan skema kampanye yang wajib ditaati oleh semua yang peserta Pilkada. Adanya PKPU yang baru, membuat sejumlah tahapan mengalami pergeseran akibat penundaan sebelumnya.

Harmain melanjutkan, tahapan lain berupa pendaftaran pasangan calon sekaligus verifikasi dilakukan pada 4-5 September 2020, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan paslon pada tanggal 4-11 September 2020. Dan yang paling ditunggu adalah tahapan penetapan pasangan calon yang dilaksanakan pada 23 September 2020. Kampanye sendiri berlangusng mulai dari 26 September sampai 5 Desember 2020.ded

Pos terkait