Kapolda Pantau Kebun Hidroponik dan Panen Ikan

  • Whatsapp
Kapolda Pantau Kebun Hidroponik dan Panen Ikan
Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo meninjau kebun hidroponik, Jumat (12/6). TABENGAN/FERY
iklan atas

Tabengan.com – Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional, Polda Kalteng membuat kebun hidroponik yang terletak di belakang Mako Polda Jalan Tjilik Riwut Km 1, Jumat (12/6). Selain kebun, kolam besar sebagai tempat budidaya ikan juga dibangun sebagai landasan percontohan ketahanan pangan bagi masyarakat.

Berbeda dari kebun hidroponik biasanya, kali ini kebun Polda Kalteng menerapkan hidroponik-drip system, perkembangan penanaman varietas tanaman menggunakan media tanah. “Kita mengembangkan berbagai macam varietas tanaman, seperti bawang merah, bawang putih, tomat, cabai, dan labu, menggunakan teknologi tepat guna dan tepat sasaran,” ucap Kapolda Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Menurutnya, penerapan metode tanam hidroponik-drip system masih dalam batasan uji coba. Jika berhasil maka akan segera dilaporkan untuk bisa dikembangkan. “Seperti kita ketahui lahan pekarangan warga di Kalteng cukup luas, sehingga dengan pemberdayaan tanaman melalui teknologi sedergan ini bisa bermanfaat guna luar biasa,” jelasnya.

Sedangkan Eka, penggerak metode Hidroponik-drip system, mengatakan jika penerapan di Polda Kalteng ini merupakan kali pertama di Palangka Raya. Hidroponik biasanya tanpa menggunakan tanah, namun sekarang bersifat medium menggunakan tanaman lebih besar. “Melalui metode ini pula waktu panen bisa dipercepat dan memiliki ketahanan waktu cukup lama bagi tanamannya sendiri,” tutupnya. fwa

iklan atas

Pos terkait

iklan atas