Kuliner Khas Kalteng, Tips Membuat Sayur Kalumpe

  • Whatsapp
Kuliner Khas Kalteng, Tips Membuat Sayur Kalumpe

Tabengan.com – Selain wisata alam, sejarah, dan budaya, Kalimantan Tengah (Kalteng) juga punya ragam kuliner unik. Sebagian besar resep makanan khas Kalteng berasal dari budaya Suku Dayak setempat, yang memiliki keistimewaan tersendiri.

Bahkan, bahan dasar dari berbagai resep makanan khas Kalimantan Tengah tergolong unik. Resep makanan khas Kalteng ini juga punya cita rasa tersendiri yang tak dimiliki kuliner daerah lain.

Seperti sayur kalumpe. Makanan khas suku Dayak di Kalimantan Tengah secara tampilan sangat mirip dengan sayur daun singkong yang lazim ditemui di dataran Jawa dan sekitarnya. Sayur khas Kalteng ini juga terbuat dari daun singkong.

Sayuran ini merupakan hidangan yang terbuat dari daun singkong yang ditumbuk halus. Dalam pembuatannya, biasanya daun singkong ditumbuk halus dan dicampur dengan terong kecil atau terong pipit.

Berikut resepnya:

Bahan:
200 gram daun singkong, tumbuk halus. Jika tidak mau menumbuk, di pasar-pasar tradisional Kalimantan Tengah banyak orang yang menjual daun singkong yang sudah ditumbuk.

100 gram terong kecil atau terong pipit
1 batang lengkuas
3 batang serai memarkan
1 lembar daun salam
1 ruas lengkuas
1 gelas santan kental

Bumbu halus:
Cabe rawit sesuai selera
Garam secukupnya
1/4 ruas jahe
1 butir kemiri sangrai
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Cara membuat
Haluskan semua bumbu halus.
Tumis bumbu dengan daun singkong tumbuk, campurkan irisan lengkuas dan daun salam.
Tuangkan santan kental, diamkan pada api kecil hingga matang.

Pos terkait