Kemensos Berikan Santunan Duka ke Korban Covid 19

  • Whatsapp
Kemensos Berikan Santunan Duka ke Korban Covid 19
Budi Kurniawan

KUALA KAPUAS/tabengan.com – Sebagaimana instruksi Kementerian Sosial RI terkait bentuk duka cita kepada korban yang meninggal akibat Covid-19, Dinas Sosial Kabupaten Kapuas berikan santunan kepada para ahliwarisnya.

“Betul kita akan salurkan bantuan kepada para ahli waris pasien yang meninggal akibat Covid-19 dengan besaran 15 juta rupiah, ini adalah sebagai bentuk perhatian dari Pemerintah Pusat yaitu Kementrian Sosial kepada masyarakat yang menjadi korban akibat Covid 19,” kata Kepala Dinas Soial Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, saat dibincangi awak media Jumat (12/6).

Diterangkanya, sebagaimana surat edaran yang sudah diterbitkan oleh Kemensos, saat ini pihak sudah melakukan pendataan sekaligus proses administrasi dengan menyurati pihak Dinas Kesehatan guna meminta data berapa jumlah warga Kapuas yang telah meninggal akibat Covid-19 ini.

Lebih lanjut diterangkannya juga bahwa dalam proses ini sendiri ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak ahliwaris, diantaranya permohonan rekomendasi santunan sosial dari Pemkab Kapuas, surat keterangan kematian dari RT yang diketahui dari lurah maupun camat, surat keterangan meninggal dunia dari RSUD yang merawat, Kartu Keluarga, KTP, Kutipan akta kematian dari Dukcapil dan harus memiliki rekening Bank serta surat dari Dinas Kesehatan penyebab kematian karena Covid 19 minimal dua rangkap.

Ditegaskan lagi bahwa yang berhak mendapatkan bantuan atau santunan ini terkhusus bagi pasien yang meninggal akibat Covid 19 yang didasari dengan keterangan hasil swab.c-yul

Pos terkait