Ibu Hamil Terkonfirmasi Positif Covid-19

  • Whatsapp
Ibu Hamil Terkonfirmasi Positif Covid-19
iklan atas

PULANG PISAU/tabengan.com – Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau kembali bertambah. Satu pasien positif ini berasal dari Desa Tanjung Sangalang, Kecamatan Kahayan Tengah. Mirisnya, pasien berusia 28 tahun ini sedang hamil.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Bupati Pulpis H Edy Pratowo melalui Juru Bicara, Kepala Dinas Kesehatan Pulpis dr Muliyanto Budihadjo mengatakan, pasien tersebut awalnya datang dari 5 Juni 2020, dengan keluhan sakit dada, batuk dan sesak napas. Bahkan, akibat keluhan itu, janin yang dikandungnya turun mengalami pelemahan (terjadi penurunan gerakan janin).

“Betul, pasien ini sedang hamil, sehingga oleh bidan desa setempat diarahkan untuk melakukan pengecekan kesehatan di Puskesmas, Bukit Rawi pada hari Jumat itu,” beber Muliyanto.

Selanjutnya, setelah diperiksa oleh tim dokter Puskesmas dan bidan, dilakukan rapid test, hasilnya non reaktif. “Setelah tes itu, diberikan obat dan diedukasi oleh tim dokter, jika kondisinya masih terus berlanjut, maka diminta untuk kontrol ulang,” tambah Muliyanto.

Pada Senin (8/6), saat tim Puskesmas Bukit Rawi ke Desa Tanjung Sangalang melakukan kunjungan kehamilan dan imunisasi, pasien itu keluhannya masih tidak berkurang. Maka, ia dirujuk oleh dokter ke Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya.

Pada 9 Juni 2020, lanjut Muliyanto, setelah ditelusuri oleh tim dokter rumah sakit, ternyata pasien ini sering mengantar orang tuanya berjualan sayur di Pasar Besar Palangka Raya.

“Sehari, pasien ini bisa bolak-balik 2 sampai 3 kali mengantarkan sayur ke pasar itu. Pasien ini sering mengeluh batuk, sesak napas dan nyeri dada,” jelasnya.

Muliyanto menambahkan, sebelumnya pihaknya memasukkan status ibu hamil itu sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Dengan bertambahnya satu pasien positif, maka total pasien positif di Pulpis 12 orang, sembuh 5 orang, 6 dirawat dan 1 meninggal dunia.

Sementara jumlah PDP kini menjadi 11 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 1 orang, dan Orang Tanpa Gejala (OTG) berjumlah 43 orang. Untuk orang yang dekat dan pernah kontak dengan pasien tersebut dilakukan tracing oleh Tim Gugus Tugas Pulpis.

Kalteng Bertambah 15
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng Sugianto Sabran mengatakan, data terbaru yang diterima gugus tugas pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalteng, Kamis, sebanyak 15 orang. Kabupaten Murung Raya 8 orang, Palangka Raya 6 orang, dan Kabupaten Pulpis 1 orang.

Bertambahnya 15 terkonfirmasi positif membuat jumlah terkonfirmasi positif di Kalteng menjadi 550 orang. Dari jumlah tersebut, ada sebanyak 306 yang dalam perawatan, kemudian 215 yang dinyatakan sembuh, dan 29 meninggal dunia. Dari yang sembuh itu bertambah 2 pasien, di Kabupaten Kapuas dan Barito Utara masing-masing 1 pasien, sehingga dari sebelumnya 213 pasien menjadi 215 pasien.

“Sembuhnya 2 pasien di 2 kabupaten, membuat persentase angka kematian di Kalteng kembali turun, dari 5,4 persen menjadi 5,3 persen. PDP bertambah sebanyak 12 pasien, sehingga total PDP di Kalteng berjumlah 80 pasien. Sementara ODP bertambah sebanyak 2 orang, membuat ODP menjadi 189 orang. Total tes RT-PCR mencapai 2.427, terdiri atas 550 dinyatakan positif, 707 dinyatakan negatif, dan 1.170 masih dilakukan pemeriksaan,” kata Sugianto. c-mye/ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas