2020, Kemarau Kalteng Lebih Basah

  • Whatsapp
2020, Kemarau Kalteng Lebih Basah
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Musim kemarau menjadi perhatian serius pemerintah dan masyarakat Kalimantan Tengah. Tahun lalu, kondisi musim kemarau di Indonesia, khususnya Kalteng, sangat merugikan. Ada begitu banyak hal tertunda akibat kemarau panjang berujung kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan kabut asap.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palangka Raya memprediksi, tahun 2020 kemarau di Kalteng akan lebih basah dibandingkan tahun sebelumnya. Kendati lebih basah, namun waspada akan kebakaran hutan dan lahan pada saat kemarau wajib dilakukan.

Prakirawan On Duty BMKG Palangka Raya Weny Anggi Mustika mengatakan, beberapa daerah atau zona di Indonesia diprediksi akan mengalami musim kemarau yang lebih kering dari kondisi normal.

“Kalteng tidak termasuk dalam kondisi kemarau yang lebih kering dari kondisi normal, sebab di Kalteng kemarau cenderung lebih basah. Artinya, kemarau di Kalteng tidak sekering tahun 2019 lalu. Patut pula diketahui, secara global musim kemarau terjadi pada Juli 2020, namun beberapa daerah ada yang sudah masuk dalam musim kemarau,” kata Weny, saat menyampaikan prakiraan cuaca di Kalteng tahun 2020, Kamis (11/6).

Dikatakan, prakiraan awal musim kemarau di Kalteng sebagian besar terjadi pada Juli, khususnya pada Juli dasarian 2 atau sekitar 11-20 Juli 2020. Namun, wilayah Kalteng bagian selatan diprakirakan akan mengalami musim kemarau lebih dahulu, yakni sepanjang Juni. Ada pula beberapa daerah yang pada Mei sudah masuk dalam musim kemarau.

Pada Mei, kata Weny, misalnya Kapuas bagian timur laut. Sementara yang pada Juni ada beberapa zona, yakni Kapuas bagian selatan, Kapuas bagian tengah, Barito Selatan, Barito bagian timur dan Barito Timur bagian timur, dan Barito Timur bagian tenggara.

Sementara beberapa zona, diprakirakan masuk musim kemarau pada Juli. Misalnya Sukamara bagian selatan, Kotawaringin Barat bagian selatan, Seruyan bagian selatan, Kotawaringin Timur bagian selatan. Ada pula Sukamara bagian tengah dan utara, Kotawaringin Barat bagian tengah, Seruyan bagian tengah, Kotawaringin Timur bagian tengah, Katingan, termasuk Palangka Raya dan Pulang Pisau.

Zona lain lagi ada wilayah Murung Raya, Gunung Mas, Kapuas bagian utara Barito Urata bagian barat. Terakhir Barito Utara bagian tengah dan timur, dan Barito Selatan bagian timur laut. ded

iklan atas

Pos terkait

iklan atas