Polres Kotim Tindak Tegas Pembakar Lahan

  • Whatsapp
Polres Kotim Tindak Tegas Pembakar Lahan
Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin

SAMPIT/tabengan.com – Mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, khususnya memasuki musim kemarau saat ini, Polres Kotim akan mengambil langkah tegas kepada pelaku pembakar lahan.

Kapolres Kotim AKBP Abdoel Harris Jakin mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah memproses hukum seorang pelaku pembakar lahan di daerah Kecamatan Baamang. Proses hukum ini, jelasnya, dilakukan agar memberikan efek jera, bagi bagi para pelaku dan mengirimkan pesan kepada masyarakat yang akan membakar lahan, bahwa ada sanksi hukum yang akan mereka terima, apabila melakukan pembakaran hutan dan lahan.

“Bagi pemilik lahan dan juga perusahaan agar berperan aktif dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ini. Kami terus mengimbau, dan alhamdulillah sampai dengan saat ini, sudah berdiri sekitar 30 posko penanggulangan Karhutla di Kabupaten Kotawaringin Timur. Di dalam posko tersebut ada unsur pemerintahan,TNI, Polri dan dari perusahaan,” terang Kapolres, Kamis (11/6/2020).

Kapolres juga mengajak masyarakat Kotim agar bersama-sama menjaga lahan dan menjaga lingkungan. Jangan sampai terjadi adanya kebakaran hutan ataupun lahan.

“Karena pasti efek yang ditimbulkan itu akan merugikan kita semua. Baik dari perekonomian maupun dari aspek kesehatan, juga kalau kaya tahun-tahun kemarin asapnya sampai ke luar negeri, itu kan juga merugikan nama baik bangsa kita di dunia internasional,” tandasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, demi keselamatan lingkungan, demi kesehatan bersama dan demi harga diri bangsa, stop pembakaran hutan dan lahan. Menurutnya, tindakan pencegahan yang dilakukan aparat tidak akan berhasil apabila tidak ada dukungan dari masyarakat, khususnya di Kotim. c-arb

Pos terkait