Nakes Positif, 2 Puskesmas Ditutup

  • Whatsapp
Nakes Positif, 2 Puskesmas Ditutup

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Penyebaran Covid-19 makin mengkhawatirkan. Sejumlah tenaga medis yang bertugas di Puskesmas Tangkiling, Kota Palangka Raya dan Puskesmas Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau positif tertular. Akibatnya, layanan kesehatan di 2 Puskesmas tersebut ditutup sementara.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo telah menerbitkan surat terkait penutupan sementara Puskesmas Tangkiling selama 2 minggu, terhitung sejak 11-24 Juni 2020.

Dalam surat bernomor 440/64Yankes-Primer/DinkesVI/2020 dikatakan alasan ditutupnya Puskesmas karena ditemukan transmisi lokal penularan Covid-19 pada pegawai di UPT Puskesmas Tangkiling.

“Benar, ada 3 orang tenaga kesehatan (Nakes) yang positif, karena adanya transmisi lokal. Oleh sebab itu, Puskesmas Tangkiling ditutup sementara tanggal 11-24 Juni 2020,” ujarnya saat dikonfirmasi Tabengan, Rabu (10/6).

Selama penutupan sementara Puskesmas Tangkiling, lanjut Andjar, pelayanan akan dialihkan di Puskesmas lainnya di Kota Palangka Raya, termasuk Puskesmas Pembantu di wilayah kerja Puskesmas Tangkiling, kecuali Pustu Adulam dan Tumbang Tahai.

“Khusus untuk peserta BPJS, dilayani di Pustu Trans 38, Pustu Sei Gohong, Pustu Banturung, Pustu Nyaru Menteng, Pustu Marang, Pustu Kanarakan, dan Pustu Habaring Hurung,” sebutnya.

Langkah selanjutnya, Dinkes melakukan tracing terhadap siapa saja masyarakat yang melakukan kontak erat terhadap mereka yang telah terkonfirmasi positif.

“Sedangkan untuk sterilisasi dan disinfeksi di Puskesmas Tangkiling sudah kami lakukan. Jadi agar benar-benar semua fasilitas aman digunakan kembali, untuk sementara kami menutup layanan di sini dan dimohon pengertian dari masyarakat setempat,” pungkasnya.

Puskesmas Pulpis
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Bupati Pulpis H Edy Pratowo melalui Juru Bicara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulpis dr Muliyanto Budihardjo, Rabu, menyampaikan, terdapat 2 orang dari 6 orang keluarga pasangan suami-istri yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, asal Kelurahan Pulpis Kecamatan Kahayan Hilir hasilnya dinyatakan positif Covid-19.

“Betul, 2 orang positif ini yaitu ibu dan anak dari pasien positif sebelumnya. Ini termasuk 6 orang yang di rumah itu, dan kini 4 orangnya masih dalam proses,” ujar Muliyanto.

Dijelaskan Muliyanto, pihaknya telah fokus mengecek terlebih dahulu kepada mereka yang kontak erat atau berisiko tinggi, yaitu 6 orang yang di dalam rumah.

“Untuk melakukan swab ini semua kita lakukan, termasuk di rumah sakit dan Puskesmas. Untuk total yang kita swab, baik rumah sakit dan Puskesmas berjumlah 21 orang, dan 2 orang positif,” beber Muliyanto.

Ibu yang positif ini, kata Muliyanto, bertugas sebagai tenaga medis di Puskesmas Pulpis dan anaknya berusia 8 tahun. “Anaknya ini yang nomor 2, dan 2 orang anaknya lagi masih dalam perawatan, termasuk suaminya,” pungkasnya. rgb/c-ger/c-mye/ded

Pos terkait