Masalah Penutupan Pasar, Fairid: Ini untuk Menghambat Penyebaran Covid-19

  • Whatsapp
Masalah Penutupan Pasar, Fairid: Ini untuk Menghambat Penyebaran Covid-19
Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin saat memimpin rapat evaluasi pelaksanaan PSKH dan sosialisasi serta rencana penutupan pasar di Ruang Rapat Peteng Karuhei I, Selasa (9/6) sore. TABENGAN/RONY
iklan atas

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, penutupan pasar besar dilakukan merupakan salah satu upaya menghambat penyebaran Covid-19 di Kota Cantik, khususnya untuk klaster Pasar Besar.

Terlebih berdasar data terkini, ada sekitar 73 orang positif terinfeksi di klaster Pasar Besar. Tentu langkah yang diambil ini agar masyarakat kembali merasa aman dan nyaman saat berbelanja.

“Memang keputusan ini cukup berat, di satu sisi kami harus memikirkan saudara-saudara kita agar tidak tertular Covid-19, di saat bersamaan juga kami harus memahami pedagang pasar,” katanya, Rabu.

Keputusan menutup pasar sementara selama 3 hari adalah untuk melakukan pembersihan area pasar secara menyeluruh dan terpadu. Fairid mengakui, saat pembahasan rencana penutupan sementara pasar besar, pihaknya dihadapkan 2 pilihan berat.

Pertama, menutup total daerah Pasar Besar atau dibuka begitu saja. Kalau ditutup total, maka para pedagang akan terdampak dan bila dibuka, teman-teman yang lain terdampak.

Akhirnya, keputusan sterilisasi sementara pasar menjadi jalan tengah yang dinilai terbaik pada kondisi ini. Karena itu, pedagang dan masyarakat diharap mengerti dengan jalan tengah yang sudah diambil pemerintah.

Ia menambahkan, selama pasar besar ditutup, masyarakat yang ingin berbelanja akan dialihkan ke Pasar Rajawali dan Pasar Kahayan. Selama dilakukan sterilisasi dan penutupan sementara, ia mengingatkan pedagang tidak memanfaatkan kondisi tersebut dengan menaikkan harga pokok.

“Untuk kemungkinan melonjaknya jumlah konsumen yang melakukan pembelian kebutuhan bahan pokok di pasar, itu mungkin tidak terjadi, mengingat pasar hanya ditutup selama 3 hari. Jika pasar ditutup total, baru kemungkinan seperti itu terjadi,” ujar Fairid. rgb

iklan atas

Pos terkait

iklan atas